SERU! Liga 1 Esports Nasional 2023 Seri 1 Palembang Dimulai, 12 Tim Berebut Hadiah Total Rp 2 Miliar

SERU! Liga 1 Esports Nasional 2023 Seri 1 Palembang Dimulai, 12 Tim Berebut Hadiah Total Rp 2 Miliar

Liga 1 Esports Nasional 2023 Seri 1 Palembang resmi digelar di GOR Ranau Jakabaring Sport City (JSC) pada tanggal 6 - 8 Oktober 2023. Palembang menjadi kota perdana dari 4 kota dalam pelaksanaan rangkaian kompetisi ini. -henny/radarpalembang.com-

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COMLiga 1 Esports Nasional 2023 Seri 1 Palembang resmi digelar di GOR Ranau Jakabaring Sport City (JSC) pada tanggal 6 - 8 Oktober 2023.

Palembang menjadi kota perdana dari 4 kota dalam pelaksanaan rangkaian kompetisi ini. Dilanjutkan ke Kota Pontianak, Surabaya, dan Makassar di pekan berikutnya.

Liga Esports Nasional 2023 merupakan kompetisi cabang olahraga elektronik (E-sport) skala nasional, yang diselenggarakan oleh Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) melalui platform resmi Garudaku.com. Kompetisi ini memiliki 3 tingkatan, yaitu Liga 3, Liga 2, dan Liga 1.

Format kompetisi Liga 1 ini dimulai dari fase grup yang mengadopsi format single-round robin dengan ketentuan bertanding Best of 2 (BO2). Enam tim dengan poin terbanyak pada klasemen grup, dapat melaju ke babak Playoff dengan format double-elimination.

BACA JUGA:Sederet Prestasi 5 Tim Esport Terbaik Indonesia, Mana yang Jadi Idola Kamu?

Total 12 tim yang akan bertanding pada Liga 1, yang terdiri dari 6 tim promosi dari Liga 2, dan 6 tim lain yang lolos melalui jalur Wilcard. Enam tim yang dipromosi dari Liga 2, yaitu Team Gryffin Bandung, Kagendra Jakarta Selatan, Pajajaran Bogor, HFX Pontianak, Onic Esports Jakarta Selatan, dan Suber 24 Samarinda.

Sebanyak 6 Tim lainnya yang lolos melalui jalur Wildcard, yaitu Dewa United Hades, Evos Holy, Bulls GPX, Borneo FC Esports, Pendekar Esports, dan Raja Esports. 12 tim tersebut harus bersaing meraih poin pada fase grup agar dapat melaju ke tahap Playoff di Jakarta pada tanggal 1 hingga 3 Desember 2023.

Liga dengan sistem Terbuka, Tersebar, Tertata (3T) siap menampilkan 12 tim dengan aksi-aksi terbaik dari atlet esports yang telah berjuang sejak Liga 3 Esports Nasional.

Direktur Event Operational, Wim Reynaldo mengatakan, esports ini kebanyakan berasal dari daerah Jawa, karena adanya Liga Esports Nasional, maka seluruh player esports yang ada di Indonesia bisa ikutan.

BACA JUGA:Profil Kagendra usai Ganti Nama dari DG Esport, Ini Targetnya

“Kita terdiri dari tier Liga 3, Liga 2, dan Liga 1 yang tertinggi dan semua bisa ikutan. Mulai dari Liga 3, ada lebih dari 126.000 player games mengikuti kualifikasi terbuka dan bertanding dengan memperebutkan total hadiah Rp 3,2 miliar. Liga 3 dengan hadiah Rp 600 juta, Liga 2 Rp 600 juta, dan di liga 1 ini hadiahnya sebesar Rp 2 Miliar," terangnya.

Sementara itu, di pembukaan Liga 1 Esports Nasional 2023 Seri 1 Palembang, Ketua PBESI Provinsi Sumatera Selatan, Brigjen TNI Armansyah dalam sambutannya mengatakan, even ini menjadi motivasi bagi pencinta gim di Indonesia, karena bermain gim bukan hanya sekadar hiburan, namun bisa dijadikan sebagai ajang untuk mendapatkan prestasi tingkat nasional maupun internasional. (*)

Sumber: