Krisis Air Bersih, Rumah Zakat Salurkan 19.000 Liter Air di Beberapa Titik di Kota Palembang

Krisis Air Bersih, Rumah Zakat Salurkan 19.000 Liter Air di Beberapa Titik di Kota Palembang

Rumah Zakat menurunkan relawan untuk menyalurkan 19.000 liter air di Kelurahan Sukajadi Kabupaten Banyuasin, Kp. Serang Sukamulya Kecamatan Sematang Borang dan Purwodadi Kecamatan Sukarame Palembang.-dok rzi-

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – Musim kemarau yang berkepanjangan mengakibatkan masyarakat sulit mendapatkan air bersih, tidak terkecuali di Kota Palembang dan sekitarnya.

Kondisi ini menginisiasi Relawan Rumah Zakat Sumsel untuk melaksanakan program berbagi air kehidupan.

Rumah Zakat menurunkan relawan untuk menyalurkan 19.000 liter air di Kelurahan Sukajadi Kabupaten Banyuasin, Kp. Serang Sukamulya Kecamatan Sematang Borang dan Purwodadi Kecamatan Sukarame Palembang, Rabu 4 Oktober 2023.

Warga menyambut kedatangan air bersih dengan penuh antusias. Terlihat  warga sudah membawa ember, derijen dan berbagi tempat air  lainnya. Salah satunya Nur Hayati (50) warga Sematang borang.

BACA JUGA:25 Tahun Rumah Zakat, Penerima Manfaat Keluar dari Kemiskinan Capai 19,5 Persen

"Terima kasih semua donatur Rumah Zakat Sumsel karena kedatangan air bersih ini kami sangat terbantu terutama untuk kebutuhan rumah tangga kami,” ujarnya.

Sementara, Yati, warga Sukajadi bahagia mendapat bantuan air bersih. Ia juga menganjurkan untuk mengisi air di tempat tampungan masjid karena dibutuhkan untuk wudhu dan aktivitas lainnya.

"Alhamdulillah, terima kasih Rumah Zakat dan semua donatur karena air bersih ini kami bisa mencuci beras dengan air yang bagus,” ucapnya.

Salah satu  relawan mengatakan, dalam dua bulan terakhir, warga yang terdampak kekeringan di Tanah Air semakin banyak. Data informasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada periode 14-21 September 2023 menunjukkan, sedikitnya 166.415 jiwa yang mengalami krisis air bersih.

BACA JUGA:Rumah Zakat Salurkan Sembako dan 150 Paket Berbagi Iftar, Ramadan ke-9 di RT 19 Pahlawan

"Rumah Zakat terus berupaya melakukan penyaluran air bersih ke beberapa titik wilayah di Indonesia. Alhamdulillah, sebanyak 19.000 liter air bersih telah disalurkan dalam pekan ini,” terangnya.

Pihaknya juga masih membuka kesempatan bagi para sahabat yang ingin berpartisipasi dalam program sedekah air bersih ini. (*)

Sumber: