Penting! 8 Cara Merawat Baterai Motor Listrik Biar Awet, Kalau Sudah Soak Harganya Mahal Bro

Penting! 8 Cara Merawat Baterai Motor Listrik Biar Awet, Kalau Sudah Soak Harganya Mahal Bro

Berikut ini beberapa cara merawat baterai motor listrik yang memiliki harga cukup mahal agar tidak mudah soak atau rusak--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Berikut ini beberapa cara merawat baterai motor listrik yang memiliki harga cukup mahal agar tidak mudah soak atau rusak.

Diketahui salah satu komponen paling penting dari sebuah kendaraan listrik tentunya adalah baterai, begitu juga halnya dengan motor listrik.

Harga baterai pada motor listrik cukup mahal, bahkan 40 persen dari harga jual motor listrik adalah harga baterainya.

Maka dari itu penting sekali untuk dapat merawat atau menjaga performa dari baterai motor listrik ini, sebab jika sudah rusak atau soak maka biaya penggantianya akan sangat mahal.

BACA JUGA:Sepintas Sama, Ternyata Ini Perbedaan Motor Listrik dan Speda Listrik, Pengguna Wajib Tau

Sementara untuk para konsumen yang memutuskan membeli motor listrik bekas, sebaiknya juga memperhatikan kondisi dari baterai ini.

Ada cara mudah untuk memastikan performa dari baterai motor listri, yaitu dengan mengecek odometer kendaraanya.

Sama seperti halnya ketika membeli motor konvensional, odometer kendaraan menjadi salah satu pertimbangan akan masih baik kah kondisi kendaraan tersebut.

Karena dengan menghitung odometer kita dapat menentukan kualitas baterai, sebab memang komponen paling penting dari kendaraan listrik adalah baterai.

BACA JUGA:Penting Cek Komponen Berikut Ini Jika Beli Motor Listrik Bekas, Simak Cara Mudahnya di Sini

Dan seperti diketahui, harga baterai pada motor listrik dapat menyentuh 40 persen dari harga jual kendaraan tersebut. Jadi memang benar-benar harus diperhatikan.

Namun sebelumnya calon konsumen juga wajib tahu mengenai spesifikasi bawaan dari motor listrik bekas yang hendak dibeli, terutama kemampuan daya jelajahnya.

Karena nantinya data jelajah tersebut akan dikalkulasikan, sehinggah ketemulah apa yang disebut battery cycle (siklus baterai).

Siklus baterai ini bisa dianggap sebagai patokan tentang bagai mana kondisi kesehatan dari baterai motor listrik, prinsipnya semakin tinggi nilai siklus, semakin rendah kesehatannya. 

Sumber: