6 Tips Memilih Pergaulan di Kampus, Penting Mahasiswa Baru Wajib Tau

6 Tips Memilih Pergaulan di Kampus, Penting Mahasiswa Baru Wajib Tau

Penting bagi mahasiswa baru untuk tau tips memilih pergaulan dikamus untuk tujuan postif--

Setelah memiliki tujuan kuliah dan target, fokuslah untuk mencapai atau mewujudkan tujuan tersebut. Sebab, akan banyak sekali tantangan dari yang manis sampai yang pahit dialami mahasiswa.

Tantangan itu berpotensi mengganggu konsentrasi mahasiswa baru ke tujuan awal. Jika konsisten dan tetap fokus, biasanya tujuan bisa tercapai. 

3. Identifikasi kegiatan (prioritas)

Idealnya, mahasiswa tidak hanya fokus kuliah di kelas, tetapi juga turut memperkuat materi atau mengembangkan diri di luar kelas dengan mengikuti kegiatan atau aktif di organisasi tingkat prodi, fakultas atau universitas.

Pastikan kegiatan atau organisasi yang diikuti benar-benar menjadi lokomotif atau bahan bakar utama untuk mencapai tujuan atau target kuliah.

"Jangan asal ikutan teman. Pastikan kegiatan itu positif yang diminati, mendukung perkuliahan dan mendukung untuk mencapai tujuan kuliah," tegas dia.

BACA JUGA:280 Mahasiswa Ikutin PKKMB FSH Universitas Bina Darma

4. Manfaatkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (BMKM) 

Sekarang ini, banyak sekali varian program MBKM yang bisa dimanfaatkan mahasiswa baru untuk mencari pengalaman, menambah wawasan dan memperkuat kemampuan di bidang yang diminati.

Ada program pusat atau kementerian pun ada program MBKM internal kampus yang bisa disasar mahasiswa.

"Mahasiswa baru bisa ikut program pertukaran mahasiswa kampus dalam negeri, kampus luar negeri, aktif di komunitas riset dan pengabdian masyarakat, menjadi pendamping mahasiswa asing yang belajar di kampus atau fakultasnya dan masih banyak kegiatan MBKM lainnya," jelas dia.

5. Maksimalkan fasilitas 

Dosen pembina Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater Institut Unesa itu menyarankan mahasiswa baru untuk memaksimalkan fasilitas yang ada di kampus. Fasilitas kampus adalah hak yang wajib diterima serta penggunaannya bebas dilakukan oleh mahasiswa selagi tidak dalam kegiatan yang berkonotasi negatif. 

"Kampuskan punya banyak fasilitas, manfaatkanlah untuk melakukan kegiatan yang positif. Ada perpustakaan, ruang terbuka, panggung, dan lain-lain yang bisa menunjang keperluan mahasiswa. Sangat disayangkan jika dilewatkan begitu saja," ungkap Arif. 

BACA JUGA:Mahasiswa UBD Raih Juara 3 Lomba Hackthon Fordigi BUMN 2023

Sumber: