Mahasiswa UBD Raih Juara 3 Lomba Hackthon Fordigi BUMN 2023

Mahasiswa UBD Raih Juara 3 Lomba Hackthon Fordigi BUMN 2023

Mahasiswa Universitas Bina Darma berhasil meraih Juara 3 Lomba Hackthon Fordigi BUMN 2023 yang dilaksanakan oleh Fordigi (Forum Digital BUMN) dengan tema Fordigi city chapter palembang = Quantum Computing Database untuk akurasi mapping kemiskinan dan peng-dok ubd-

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – Mahasiswa Universitas Bina Darma berhasil meraih Juara 3 Lomba Hackthon Fordigi BUMN 2023 yang dilaksanakan oleh Fordigi (Forum Digital BUMN) dengan tema Fordigi city chapter palembang = Quantum Computing Database untuk akurasi mapping kemiskinan dan pengangguran Palembang.

Kegiatan lomba Hackthon Fordigi BUMN 2023 berlangsung dari Mei Hingga September yang dilakukan secara online dengan sejumlah tahapan membuat program aplikasi mulai dari pengumpulan data dan pengumuman peserta yang masuk tiga besar dari 18 tim yang berasal dari 5 provinsi pada Senin 4 September 2023 hingga 5 September di Graha Pendidikan Politeknik Sriwijaya.

Usai dilakukan penilaian dan pengumuman tim Universitas Bina Darma berhasil meraih peringkat ketiga dengan solusi inovatif aplikasi PIONS (Public Informations System) yang merupakan sebuah aplikasi pemetaan data yang akurat dimana nantinya pemerintah dan instansi pelayanan publik dapat mengidentifikasi daerah-daerah yang rentan pengangguran dan kemiskinan, sehingga dapat mengambil keputusan berdasarkan data yang sudah diproses.

Tim mahasiswa dari Universitas Bina Darma ini terdiri dari dua anggota yakni Ramadhona yang merupakan mahasiswa Prodi Sistem Informasi Semester 3 dan Otarina Dwi Wahyuni merupakan mahasiswa Prodi Teknik Informatika Semester 5.

BACA JUGA:Prodi Teknik Informatika UBD Terakreditasi Baik Sekali Melalui ISK BAN-PT

“Kami tentu senang, apalagi ini penantian panjang yaitu 4 bulan kami berjuang. Kami juga bangga karena bisa menjadi juara 3 dari 5 provinsi dengan total 18 tim yang ikut,” ujar Ramadhona.

Rasa bangga juga diungkapkan oleh Rektor Universitas Bina Darma Prof. Dr. Sunda Ariana, M.Pd., M.M. atas prestasi yang diraih mahasiswa UBD dengan menghasilkan inovasi baru sebagai dedikasi dan kemampuan luar biasa dalam merancang solusi teknologi yang dapat menjawab permasalahan atau isu-isu terkini. 

“Sangat bangga dengan pencapaian mahasasiswa UBD yang selalu berinovasi dan maju menciptakan hal-hal baru di berbagai bidang, salah satunya teknologi. Melalui pencapaian inilah, UBD dapat mewujudkan tujuan UBD Unggul 2025,” ungkap Prof. Dr. Sunda Ariana, M.Pd., M.M.

Prestasi ini tentunya menjadi komitmen Universitas Bina Darma dalam menekankan kurikulum yang relevan dengan teknologi dan perkembangan ilmu pengetahuan serta menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus berinovasi dan berkontribusi dalam dunia teknologi dan transformasi digital di Indonesia. (*) 

Sumber: