Koalisi Pendukung Prabowo Berganti Nama Jadi Koalisi Indonesia Maju, Begini rangkuman perjalanannya

Koalisi Pendukung Prabowo Berganti Nama Jadi Koalisi Indonesia Maju, Begini rangkuman perjalanannya

Inilah rangkuman perjalanan Koalisi pendukung Prabowo Subianto yang kini berganti nama menjadi Koalisi Indonesia Maju--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Inilah rangkuman perjalanan Koalisi pendukung Prabowo Subianto yang kini berganti nama menjadi Koalisi Indonesia Maju

Koalisi pendukung bakal capres Prabowo Subianto bersalin rupa setelah menambah kekuatan. Dulu Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya, kini koalisinya bernama Koalisi Indonesia Maju. 

Koalisi pendukung Prabowo pada awalnya hanya dua partai yakni Gerindra dan PKB. Koalisi ini dideklarasikan pada 13 Agustus 2022 lalu. Deklarasi berlangsung di SICC, Sentul, Jawa Barat.

Nama koalisi PKB dan Gerindra adalah Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR). Deklarasi koalisi itu ditandai dengan penandatanganan piagam deklarasi oleh Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

BACA JUGA:Gerindra Minta Kader Abaikan Kampanye Negatif yang Serang Prabowo

Isi piagam deklarasi itu dibacakan oleh Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad dan Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid di depan para kader.

"Kami Partai Gerindra dan PKB sepakat bekerja sama dalam pemilu serentak 2024," kata Dasco saat membacakan salah satu poin piagam deklarasi.

"Kerja sama Partai Gerindra dan PKB didasarkan pada visi bersama agar terjadi percepatan di negara Indonesia secara berdaulat dan turut menciptakan perdamaian dunia," kataJazilul membacakan poin lainnya.

Nama koalisi Gerinda dan PKB ini adalah Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR). Kedua partai sepakat mendukung Prabowo Subianto untuk maju sebagai calon presiden pada tahun 2024.

BACA JUGA:Partai Pendukung Prabowo Targetkan Kemenangan Besar di Sumsel, Suarakan Cawapres yang Cocok

Kini Koalisi Indonesia Maju

Setahun setelahnya, tepat 13 Agustus 2023, PAN dan Golkar bergabung ke KKIR. Deklarasi dilakukan pada Minggu, 13 Agustus 2023 di Museum Naskah Proklamasi, Jakarta.

Keduanya pun telah meneken kerja sama politik yang ditandatangani keempat ketum partai. Sebelum PAN dan Golkar, PBB juga telah merapatkan barisannya mendukung Prabowo.

Di hari itu, nama poros pendukung Prabowo masih KKIR, seperti yang diungkap Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dalam unggahan akun Instagram resminya.

Sumber: