Ancaman Kursi Petahana, PAN Berpeluang Geser Rebut Kursi DPRD Sumsel di Pileg 2024

Ancaman Kursi Petahana, PAN Berpeluang Geser Rebut Kursi DPRD Sumsel di Pileg 2024

Pengamat Politik Bung Fatkurohman mengungkapkan kalau PAN bisa menjadi ancaman para petahana pada pemilu 2019--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Pengamat Politik Bung Fatkurohman mengungkapkan kalau PAN) bisa menjadi ancaman para petahana pada pemilu 2019.

Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 semakin kompetitif terutama untuk daerah pemilihan Sumsel 1 dan Sumsel 2 untuk DPRD Provinsi Sumatera Selatan.

Tidak mudah bagi partai petahana untuk mempertahankan kursinya mengingat kandidat yang ikut kontestasi semakin kompetitif dan kekuatan relatif merata.

"Partai Amanat Nasional (PAN) bisa menjadi ancaman para petahana terutama parpol zona bawah yang berhasil memperoleh kursi di DPRD Sumsel pada pemilu 2019 lalu," ungkap Pengamat Politik Bung Fatkurohman menanggapi dinamika Pileg 2024, Kamis 24 agustus 2023.

Berdasarkan pemetaan dapil yang pernah kita dilakukan, pertai yang diketuai Zulkifli Hasan juga berada di track perolehan kursi DPRD Sumsel baik itu dapil Sumsel 1 ataupun Sumsel 2.

BACA JUGA:Berbagi Waktu, Sudirman Bakal Jadi Wakil Ketua DPRD Palembang Dari PAN

Kosongnya kursi PAN dari dapil ini, tampaknya menjadi bahan evaluasi. Pada tahun 2019 lalu, perolehan kursi DPRD Kota Palembang tidak beririsan dengan perolehan kursi DPRD Sumsel.

"Berdasarkan data pemetaan dapil akhir Juni - awal Juli oleh BDRC, PAN Dapil Sumsel II bahkan berada di 5 besar persentase keterpilihan.

Sementara dapil Sumsel I berada di zona 6 besar tipis. Ini menandakan partai PAN bisa jadi ancaman Petahana perolehan kursi pemilu 2019 lalu,"terang Founder Bung FK DIGITALAnalysis Research Centre (BDRC) ini. 

Menurutnya, tampilnya wajah-wajah baru yang muda dan energik membuat partai ini lebih dinamis.

BACA JUGA:DPW PAN Sumsel Siap Menangkan Prabowo Subianto di Pilpres 2024

Ketua DPD PAN Palembang Fajar Febriansyah menjadi salah satu energi muda PAN yang tampil aktif terjun ketengah-tengah pemilih. 

"Jika ini tetap konsisten hingga jelang pemungutan suara, PAN positif berada di zona raih kursi dan diprediksi ada partai lain yang pada pemilu 2019 lalu raih kursi bisa teriliminasi,"ujarnya.

Dia menambahkan diprediksi tidak ada parpol yang bisa memperoleh dua kursi di dua dapil ini. Gerindra, PDIP dan Demokrat diprediksi tetap akan bersaing dizona papan atas perolehan suara parpol.

Sumber: