BPDPKS, Dirjenbun dan ISKOL Gelar Pelatihan Petani Sawit Angkatan ke-2 di Sumsel

BPDPKS, Dirjenbun dan ISKOL Gelar Pelatihan Petani Sawit Angkatan ke-2 di Sumsel

Pembukaan dihadiri oleh Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Selatan, Ir. Agus Darwa, M.Si, (sebelah Kiri), perwakilan Iskol Agridaya Internasional, Gilang Aditya, Direktur Perlindungan Perkebunan diwakili oleh Tulus Tri Margono, SP, MP dan Kepala D--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – Dalam rangka mendukung upaya penguatan kualitas Sumber Daya Manusia Perkebunan Kelapa Sawit (SDM PKS), Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Ditjenbun Kementan RI) dan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) menggelar Pelatihan Penguatan Kelembagaan SDM Perkebunan Kelapa Sawit angkatan 2 di Hotel Emilia, Kota Palembang, 14-23 Agustus 2023.

 

Pelatihan ini diikuti oleh para petani kebun kelapa sawit Kabupaten Musi Banyuasin dari 4 desa yang berbeda. Pelatihan ini ditujukan untuk memastikan pengembangan kualitas dan produktifitas kelapa sawit Indonesia yang berkelanjutan, khususnya di perkebunan rakyat.

Tema Pelatihan yang dibawakan ditujukan untuk memperkuat kompetensi petani dalam hal kelembagaan petani, di mana hal kelembagaan petani adalah salah satu faktor yang sangat penting untuk memastikan terwujudnya perkebunan rakyat berkelanjutan dan mandiri


Foto Bersama Peserta Pelatihan Penguatan Kelembagaan SDMPKS Angkatan 2 Sumatera Selatan--

Dalam pelatihan yang diselenggarakan kembali di Sumatera Selatan ini, Iskol Agridaya Internasional kembali sebagai lembaga penyelenggara pelatihan, Iskol adalah lembaga pelatihan dan pendampingan pada penerapan praktek pertanian dan perkebunan yang berkelanjutan, menyiapkan modul, format pelatihan dan para instruktur yang kompeten untuk memastikan tercapainya tujuan pelatihan yang diinginkan.

BACA JUGA:Dirjenbun, BPDPKS dan Iskol Agridaya Gelar Pelatihan Petani Sawit di Sumatera Selatan

Pembukaan pelatihan dilakukan pada tanggal 14 Agustus 2023 dihadiri oleh Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Musi Banyuasin, diwakili oleh Sekretaris Dinas Rangga Perdana Putera, S.STP, MSi. Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Selatan, Ir Agus Darwa MSi. Serta Direktorat Perlindungan Perkebunan Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian RI (Ditlinbun Ditjenbun Kementan), diwakili oleh Tulus Tri Margono, SP, MP.

Kemudian pelatihan ini dibuka oleh Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Selatan bersama perwakilan dari Ditlinbun Ditjenbun.

Dalam pengarahan Tulus Tri Margono menegaskan pentingnya pelatihan ini bagi keberlanjutan perkebunan sawit rakyat. “Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi pekebun untuk meningkatkan kualitas sawit.

 Saya harap, para peserta dapat mengambil pengetahuan dari pelatihan ini dan bisa mengikuti pelatihan ini hingga selesai,” ujarnya. Beliau juga menghimbau agar setelah mengikuti pelatihan, para peserta dapat memiliki pengetahuan dan keterampilan yang lebih baik dalam membangun kelembagaan kelompok tani yang efektif sehingga mampu meningkatkan produktifitas kebun.

 Diharapkan juga agar para peserta pelatihan membagikan ilmu dan keterampilan yang mereka peroleh selama pelatihan kepada petani lain di kelompoknya masing-masing

Senada dengan arahan Dirlinbun, Kadis Perkebunan Provinsi Sumatera Selatan juga menegaskan bahwa pelatihan penguatan kelembagaan petani sawit sangatlah penting bagi pengembangan produktifitas petani sawit di Sumatera Selatan yang berkelanjutan. Kelembagaan petani yang baik akan memampukan kelompok-kelompok tani untuk meningkatkan kesejahteraan petani secara bersama-sama. (*)

 

Sumber: