Just Saw It UKMK, Kampanyekan Kebaikan Sawit Indonesia

Just Saw It UKMK, Kampanyekan Kebaikan Sawit Indonesia

Salah sstu stand Santripeneur dengan dodol dari kelapa sawit.-henny/radarpalembang.com-

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) menyelenggarakan Gebyar UKMK Berbahan Sawit “Just Saw It UKMK", dalam mendukung UKMK sawit go  internasional.

Kegiatan  yang bertempat di Atrium Palembang Indah Mall tanggal 29 September - 1 Oktober 2023 ini, merupakan kegiatan kedua setelah sebelumnya sukses dilaksanakan di Ambarukmo Plaza Yogyakarta pada akhir Juli 2023.  

Kabul Wijayanto, Direktur Pengelolaan dan Perencanaan Dana, Plt Direktur Kemitraan BPDPKS menyebutkan, kegiatan ini merupakan bentuk kontribusi dan komitmen  dari BPDPKS untuk penguatan dan pemberdayaan Usaha Kecil Menengah dan Koperasi (UKMK) yang berbasis sawit.

Kegiatan ini lanjutnya, sekaligus melakukan  pemberdayaan UKMK tersebut dalam rangka mempromosikan kebaikan-kebaikan terkait dengan kelapa sawit.

BACA JUGA:BPDPKS, Dirjenbun dan ISKOL Gelar Pelatihan Petani Sawit Angkatan ke-2 di Sumsel

”Kita harapkan, hasilnya dapat dimanfaatkan tidak hanya untuk pengenalan dan pengembangan industri sawit oleh para pelaku UKMK sawit sekaligus dapat meningkatkan ekspor maupun pengembangan pemberdayaan industri sawit Indonesia," ujar dia.

Pihaknya juga berharap, kegiatan ini dapat disandingkan bagaimana agar kualifikasi dari produk-produk tersebut dapat layak ekspor. Syaratnya apa saja sehingga produk dapat diterima  di luar negeri dengan baik, karena sekarang semua sudah melakukan pendekatan dengan sertifikasi produk.

“Kami juga bekerja sama dengan Kemenkeu  dan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai bagaimana ekspornya. Nanti kita pertemukan semua saling sharing, nanti ada kemampuan mereka tidak hanya dari sisi produk dan diversifikasi semakin banyak,  tapi juga secara kulaitas produk sesusai standarisasi untuk ekspor,” ujarnya.

Kegiatan ini, disebutkannya, secara umum diperuntukkan untuk wilayah Sumsel dari mitra-mitra BPDPKS, binaan-binaan dari asosiasi-asosiasi para pekebun sawit.

BACA JUGA:OJK Lanjutkan Komitmen Dukung Peningkatan Pendanaan Petani Sawit

Pihaknya juga melibatkan santripreneur, yang dapat menjadi bagian untuk menginisiasi produk-produk kelapa sawit, termasuk dapat mempromosikan dan menyampaikan kebaikan sawit, untuk melawan kampanye hitam terkait dengan kelapa sawit.

Gebyar UKMK berbasis sawit diikuti  oleh UKMK Mitra BPDPKS yang merupakan UKMK sawit mewakili Asosiasi Petani Sawit, yaitu dari ASPEKPIR, Apkasindo, Apkasindo Perjuangan, SPKS dan Samade. Santriprenur UKMK Sawit, UKM Sawit  Pemuda Muhamamadiyah,  UKM Batik Sawit.

Termasuk mitra UKM dari berbagai perguruan tinggi. Rangkain kegiatan meliputi pameran UKMK sawit, talkshow, lomba sawit, dan entertainment untuk mempromosikan kebaikan-kebaikan sawit. (*)

Sumber: