4 Tradisi Festival Qi Xi Hari Valentine China yang Masuk Jadwal Sembahyang Tionghoa Agustus 2023

4 Tradisi Festival Qi Xi Hari Valentine China yang Masuk Jadwal Sembahyang Tionghoa Agustus 2023

Berbagai pasangan merayakan Festival Qi Xi atau Hari Valentine China dengan suka cinta dan kegembiraan.--theasian.asia

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – Ada 4 tradisi Festival Qi Xi yang merupakan Hari Valentine China, yang sesuai jadwal sembahyang Tionghoa digelar pada tanggal 07 bulan 07 Imlek atau bertepatan pada Selasa 22 Agustus 2023.

Festival Qi Xi atau Hari Valentine China adalah sebuah perayaan tradisional yang sudah digelar sejak ribuan tahun lalu.

BACA JUGA:Catat Berikut Jadwal Sembahyang Hari Raya Tionghoa Tahun 2023

BACA JUGA:Jadwal Sembahyang Hari Raya Tionghoa Bulan Agustus 2023, Ada Festival Qi Xi dan Bulan Hantu

Ada banyak kisah romantis di balik perayaan Hari Valentine China ini. Masyarakat China dulu bahkan menjadikan Festival Qi Xi sebagai hari yang paling indah.

Beranjak dari kisah legenda yang sangat romantis dari sepasang kekasih, yakni Zhi Nu dan pemuda Niu Lang yang merupakan seorang pengembala, Festival Qi Xi tetap berlangsung hingga sekarang.

Tapi tahukan kamu bahwa Festival Qi Xi atau Hari Valentine China dulu, memiliki 4 tradisi yang kerap dijumpai? Tentu tradisi ini berbeda dari yang sekarang.

BACA JUGA: Jadwal Festival Qi Xi Tahun 2023, Hari Valentine China yang Penuh Kisah Romantis

Berikut 4 tradisi Festival Qi Xi atau Hari Valentine China dulu yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Pada tradisi masyarakat China, pada Festival Qi Xi, adalah kesempatan untuk menunjukan keterampilan dalam hal membuat kue kering, yang tipis dan digoreng dengan berbagai bentuk.

2. Festival Qi Xi juga digelar penghormatan kepada sapi. Anak-anak akan membuat rangkaian bunga nan indah, kemudian digantung pada tanduk sapi. Hal ini dilakukan untuk menghormati si pengembala sapi yang sangat legendaris.

BACA JUGA:Sriwijaya Lantern Festival, Makna Lampion Tradisi Masyarakat China yang Banyak Orang Tidak Tau

3. Tradisi lain pada saat perayaan Hari Valentine China atau Festival Qi Xi adalah melakukan sembahyang kepada Dewi Penenun. Masyarakat China atau Tionghoa akan menyiapkan meja altar persembahan yang isi ada berbagai buah-buahan seperti melon, anggur, lengkeng, kurma, juga kacang-kacangan serta teh.

4. Nah, pada tradisi Festival Qi Xi, ini yang paling dianggap populer, yakni malam unjuk keterampilan. Bahkan masyarakat China dulu rela antre panjang untuk menyaksikan pertunjukan ini.

Sumber: