Jadwal Festival Qi Xi Tahun 2023, Hari Valentine China yang Penuh Kisah Romantis

 Jadwal Festival Qi Xi Tahun 2023, Hari Valentine China yang Penuh Kisah Romantis

Pasangan yang merayakan Festival Qi Xi atau Valentine China selain berbagai hadiah juga menggelar berbagai acara tradisional.--keralakaumudi.com

SUMSEL, RADARPALEMBANG.COM – Festival Qi Xi adalah hari Valentine China yang banyak mengandung kisah romantis dan kaya sejarah. Tradisi masyarakat Tionghoa ini dirayakan tepat di bulan 7 dan tanggal 7 dalam penanggalan Imlek.

Adapun jadwal Festival Qi Xi atau Valentina China pada tahun ini, yaitu hari Selasa, tanggal 22 Agustus 2023.

Festival Qi Xi adalah salah tu perayaan yang unik. Sebab, jika biasanya hari Valentine dirayakan dengan berbagi sesuatu kepada pasangan, maka Valentine China sedikit berbeda.

Valentine China ini merupakan hari penting bagi para gadis. Saat Festival Qi Xi adalah momen para gadis muda untuk tumbuh menjadi gadis dewasa yang memiliki keterampilan, sehingga mendapatkan suami yang baik pula.

BACA JUGA:7 Ritual Tradisi Pernikahan Tionghoa, Ada Pesta Malam Bujang

Meski demikian, untuk mereka yang sudah berpasangan juga merayakan Festival Qi Xi dengan cara yang romantis, seperti makan bersama, nonton, dan berbagi hadiah.

Festival Qi Xi sendiri ada sejak Dinasti Han atau 220 sesudah masehi. Festival Qi Xi masuk sebagai salah satu warisan budaya non benda oleh Dewan Negara Tiongkok.

Salah satu tradisi masyarakat Tionghoa ini, memang mengalami sedikit perubahan di era modern.

Perayaan Valentina China lebih kepada seremoni dengan berbagai hiburan. Kalau dulu masyarakat Tionghoa merayakan dengan unjuk kebolehan seperti tarian dan menghias bunga, sekarang lebih banyak hiburannya.

BACA JUGA:10 Tata Cara Masyarakat Tionghoa Gunakan Sumpit, Larangan yang Kamu Wajib Tau

Meski demikian, Valentine China atau Festival Qi Xi yang tradisional masih banyak ditemui di pedesaan di Tiongkok.

Lalu seperti apa cerita atau legenda dari Festival Qi Xi atau sekarang banyak disebut Valentine China? Berikut kisahnya seperti dikutip dari lingoace.com.

Cerita Niu Lang dan Zhi Nu  Asal-usul festival ini sebenarnya berasal dari sebuah cerita rakyat yang sangat romantis tentang Niu Lang (牛郎), yang merupakan gembala sapi, dan Zhi Nu (织), yang merupakan Gadis Penenun. Kisah ini merupakan salah satu dari empat kisah percintaan China.

Alkisah pada zaman Dinasti Zhou, tepatnya di Desa Niu Jia, ada seorang pemuda yang sangat baik dan jujur. Namanya dalah Niu Lang. Sedihnya, kedua orang tua dari Niu Lang sudah meninggal dunia dan ia pun tinggal bersama kakak laki-lakinya dan kakak iparnya.

Sumber: