Jadwal Sembahyang Hari Raya Tionghoa Bulan Agustus 2023, Ada Festival Qi Xi dan Bulan Hantu

Jadwal Sembahyang Hari Raya Tionghoa Bulan Agustus 2023, Ada Festival Qi Xi dan Bulan Hantu

Kalender China pada bulan agustus terdapat dua jadwal sembahyang Hari Raya Tionghoa yakni Festival Qi Xi dan Bulan Hantu.--chinesetravel.com

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COMJadwal sembahyang hari raya Tionghoa pada bulan Agustus 2023, hanya terdiri dari dua festival, yaitu Qi Xi atau Hari Valentine China dan Festival Bulan Hantu.

Adapun jadwal sembahyang hari raya Tionghoa di bulan Agustus 2023, yakni Festival Qi Xi jatuh pada tanggal 07 bulan 07 Imlek atau bertepatan dengan tanggal 22 Agustus 2023.

BACA JUGA:Catat Berikut Jadwal Sembahyang Hari Raya Tionghoa Tahun 2023

BACA JUGA: Jadwal Festival Qi Xi Tahun 2023, Hari Valentine China yang Penuh Kisah Romantis

Kemudian jadwal sembahyang Hari Raya Tionghoa di bulan Agustus 2023, dilanjutkan dengan Sembahyang Rebutan atau Festival Bulan Hantu (Zhong Yuan) yang jatuh pada 15 bulan 07 Imlek, bertepatan dengan tanggal 30 Agustus 2023.

Masyarakat Tionghoa percaya Bulan Hantu merupakan kebudayaan karena gerbang alam baka terbuka lebar.

BACA JUGA:7 Ritual Tradisi Pernikahan Tionghoa, Ada Pesta Malam Bujang

Sehingga arwah leluhur berkeliaran bebas di tempat manusia. Ada banyak larangan saat adanya Festival Bulan Hantu.

Sedangkan sebaliknya, Festival Qi Xi adalah hari Valentine China yang banyak mengandung kisah romantis dan kaya sejarah. Tradisi masyarakat Tionghoa ini dirayakan tepat di bulan 7 dan tanggal 7 dalam penanggalan Imlek.

Adapun jadwal Festival Qi Xi atau Valentina China pada tahun ini, yaitu hari Selasa, tanggal 22 Agustus 2023.

BACA JUGA:10 Tata Cara Masyarakat Tionghoa Gunakan Sumpit, Larangan yang Kamu Wajib Tau

Festival Qi Xi adalah salah tu perayaan yang unik. Sebab, jika biasanya hari Valentine dirayakan dengan berbagi sesuatu kepada pasangan, maka Valentine China sedikit berbeda.

Sementara itu, sebelumnya berdasarkan penanggalan kalender Imlek, perayaan Tahun Baru Imlek 2023, atau tahun Kelinci Air 2574 ini akan jatuh pada Minggu, 22 Januari 2023.

Tahun Imlek 2574 juga sama dengan Huangdi Era (HE) 4720 (Penanggalan Taoisme berdasarkan tahun pemerintahan ke-1 Kaisar Kuning).

Sumber: