Sembahyang Dewa Guan Gong Agustus 2023, Penghomatan Masyarakat China dalam Buddhisme dan Taoisme

Sembahyang Dewa Guan Gong Agustus 2023, Penghomatan Masyarakat China dalam Buddhisme dan Taoisme

Dewa Guang Gong yang memiliki gelar yang sangat istimewa di masyarakat China.--tionghoa.info

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COMJadwal sembahyang Dewa Guang Gong pada penanggalan China jatuh di tanggal 24 bulan 06 Imlek atau Kamis 10 Agustus 2023.

Sembahyang Dewan Guan Gong adalah semacam penghormatan masyarakat China yang menganut Buddhisme, Taoisme, dan Konfusianisme.

BACA JUGA:Catat Berikut Jadwal Sembahyang Hari Raya Tionghoa Tahun 2023

BACA JUGA:Jadwal Sembahyang Hari Raya Tionghoa Bulan Agustus 2023, Ada Festival Qi Xi dan Bulan Hantu

Setiap umat menyebut Dewa Guan Gong sesuai dengan kepercayaan masing-masing. Taoisme memuja Dewa Guang Gong sebagai Dewa Pelindung dalam hal perperangan.

Umat Konfusianisme memuja Dewa Guang Gong sebagai Dewa Kesusastraan. Sedangkan umat Buddist menyebutnya sebagai Dewa Pelindung Dharma.

Masyarakat China percaya Dewa Guan Kong memiliki gelar yang sangat istimewah. Dewa Guang Gong disebut Di yang artinya diseterakan Maha Raja.

BACA JUGA: Jadwal Sembahyang Dewa Guang Gong, Lambang Kesetiaan dan Kejujuran, Paling Banyak Dipuja Masyarakat Tionghoa

Sembahyang masyarakat Tionghoa ini merupakan ritual yang diikuti oleh beragam agama, mulai dari Budha, Konghucu, Taoisme, dan Tridarma.

Khusus untuk sembahyang Dewa Guang Gong ini menjadi sangat istimewa, karena masyarakat Tionghoa percaya Dewa Guang Gong adalah simbol keteladanan.

Dewa Guan Gong diterima oleh berbagai kalangan karena memiliki sifat yang jujur dan setia.

BACA JUGA:3 Olahraga Tradisional Masyarakat China, Nomor 2 Khusus Birokrat dan Sarjana

Sebelumnya, setelah melewati Tahun Baru Imlek 2023, masyarakat etnis Tionghoa di Indonesia juga akan merayakan beberapa hari raya penting lainnya, di antaranya seperti Hari Yuan Xiao (Cap Go Meh), Hari Ceng Beng (Ziarah Kubur), Hari Duan Wu (Bakcang & Festival Dragon Boat), Hari Qixi (Chinese Valentine), Hari Zhong Yuan (Sembahyang Rebutan), Hari Zhong Qiu (Kue Pia Bulan; Festival Musim Semi), Hari Chong Yang (9 bulan 9 Imlek) dan Hari Dong Zhi (Festival Ronde).

Berikut Jadwal Festival Perayaan Penting Dalam Tradisi Tionghoa di Tahun 2023 (Imlek 2574) seperti dikutip dari tionghoainfo:

Sumber: