Waspada! Stroke Bisa Terjadi di Usia Muda, Berikut Cara Menghindarinya

Waspada! Stroke Bisa Terjadi di Usia Muda, Berikut Cara Menghindarinya

Berikut beberapa cara yang dapat diakukan untuk mencegah stroke sejak dini--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Stroke menjadi salah satu penyakit mematikan di dunia yang dapat menyerang siapa saja tanpa memandang usia.

Stroke disebabkan oleh terganggunya pembuluh darah yang bertugas membawa oksigen dan darah ke otak, baik karena sumbatan maupun pecahnya pembuluh darah.

Terhambatnya asupan darah dan oksigen yang cukup, dapat menyebabkan sel-sel otak tidak akan berfungsi bahkan mati.

Dari hasil studi rata-rata penderita stroke adalah mereka yang memiliki riwayat keluarga dengan sakit yang sama, dan didominasi oleh kaum pria. Tapi dengan gaya hidup yang buruk tak menutup kemungkinan siapa saja dapat terkena stroke.

BACA JUGA:Dahsyat! Ini Manfaat Susu Kuda Liar Sebenarnya, Memiliki Nutrisi Layaknya ASI

Namun kondisi stroke ini dapat dihindari dengan menerapkan cara mencegah stroke. Berikut beberpa cara yang dapat diakukan untuk mencegah stroke sejak dini.

1. Mengonsumsi makanan sehat

Pola makan yang baik menjadi salah satu cara untuk mencegah stroke. Sebab, pola makan yang tidak sehat dapat memicu kelebihan berat dan obesitas berpotensi terkena stroke hingga 22 persen lebih tinggi.

Perbanyaklah konsumsi makanan sehat, seperti, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, ikan, daging unggas maupun daging tanpa lemak sebagai cara mencegah stroke.

BACA JUGA:Dewandaru, Buah Suci Bisa Datangkan Rezeki, Punya Sejuta Manfaat Bagi Kesehatan

Batasi juga konsumsi garam dan gula untuk menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan kadar gula. Dengan begitu, risiko terkena stroke pun berkurang.

2. Rajin  berolahraga

Tak cuma mengkonsumsi makanan yang sehat, olahraga juga diperlukan agak dapat terhidar dari serangan stroke.

Rutinlah berolahraga minimal 30 menit karena dapat mengurangi faktor pemicu stroke, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, dan kolesterol.

Sumber: