Sedekah Dusun Bertujuan Jaga Ketentraman dan Keselamatan, Masih Terjaga di Desa Rambang Senuling

Sedekah Dusun Bertujuan Jaga Ketentraman dan Keselamatan, Masih Terjaga di Desa Rambang Senuling

Walikota Prabumulih H Ridho Yahya didampingi Kades Rusman dan jajarannya saat hadiri sedekah dusun di Desa Rambang Senuling.-andi/radarpalembang.disway.id-

PRABUMULIH, RADARPALEMBANG.COM – Masyarakat Indonesia khususnya yang ada di Kota Prabumulih, Sumsel, ternyata tetap menjaga tradisi leluhur, seperti sedekah dusun.

Warga Desa Rambang Senuling, Kecamatan Rambang Kapak Tengah, Kota Prabumulih tampak bahagia, sebab  tradisi sedekah dusun di tahun 2023, bisa terealisasi, belum lama ini.

Sedekah dusun  biasanya masyarakat setempat menyebutnya “Sedekah Bedusun”, adalah tradisi turun menurun dari nenek moyang yang dilaksanakan rutin setiap lima tahun sekali.

Sedekah Bedusun tersebut bertujuan untuk menjaga ketentraman masyarakat setempat dan keselamatan desa dari bala dan bencana.

BACA JUGA:Anggota DPRD Kota Prabumulih Riza Ariansyah Apresiasi Program Bedah Rumah

Prosesi tradisi sedekah bedusun ada nilai positifnya, yakni terjalinnya erat hubungan kekeluargaan, mengantarkan seorang masyarakat kejalan menuju ketentraman dan kedamaian antar sesama.

“Selain itu, membuat lapisan masyarakat mejalankan aturan dan norma yang sudah ada selama ini, sehingga bisa berinteraksi dengan baik antara satu dengan masyarakat lainnya,” ujar Johan, anggota Karang Taruna.

Masih kata Johan, tradisi yang dilaksanakan masyarakat memiliki sebuah tujuan agar membuat hidup manusia kaya akan budaya nilai-nilai bersejarah, serta menciptakan suatu kehidupan yang harmonis.

Selain itu juga menjalankan aturan dan norma yang sudah ada di masyarakat.

BACA JUGA:Jalan Tol Indralaya-Prabumulih Besok Mulai Difungsikan, Tarif Gratis, Catat Tanggalnya

Kades Rambang Senuling Rusman mengaku, acara tahunan, pasca Covid-19 tahun lalu tidak gelar sedekah dusun, tapi 2023 ini diadakan untuk melestarikan budaya atau adat istiadat di Desa Rambang Senuling, agar tidak hilang.

Masih kata dia, dalam acara sedekah dusun ini kita gelar pembagian kunci bedah rumah sebanyak 9 kunci bagi warga tidak mampu  dan juga meresmikan masjid sembari menyebutkan untuk serah terima kunci dan peresmian masjid dilakukan langdung oleh Walikota Prabumlih H Ridho Yahya. (*)

Sumber: