Tokoh Inspiratif, Feby Herman Deru Kolaborasi Generasi Muda Lestarikan Warisan Budaya

Tokoh Inspiratif,  Feby Herman Deru Kolaborasi Generasi Muda Lestarikan Warisan Budaya

Hj Feby Herman Deru saat menerima Anugerah Tokoh Inspiratif di Festival6 dari Kapanlagi Youniverse (KLY) yang digelar di Senayan Park. -humas pemprov sumsel-

JAKARTA, RADARPALEMBANG.COM  - Hj Febrita Lustia Herman Deru atau akrab disapa Feby Deru baru saja terpilih menjadi Tokoh Inspiratif Pegiat Kelestarian dan Pengembangan Budaya Berbasis UMKM di Festival6  dari Kapanlagi Youniverse (KLY) yang digelar di Senayan Park.

Kiprah Ketua Dekransada Sumsel yang juga Ketua TP PKK Provinsi Sumsel ini banyak menuai pujian.

Ia mampu mengembangkan kekayaan kain tradisional Sumsel dengan berkolaborasi bersama generasi muda.  

"Terima kasih kepada Liputan6 yang memberikan penghargaan kepada kami. Dengan mendapatkan penghargaan ini, tentunya dapat memacu kami untuk lebih semangat dalam berkarya. Semoga kami dapat terus memajukan Sumatera Selatan," ujar Febrita kepada tim Liputan6, usai menerima penghargaan di Senayan Park, Sabtu 8 Juli 2023.   

BACA JUGA:Inspiratif Eyang Hermin, Nenek 70 Tahun yang Tetap Hasilkan Karya Seni Lukis

Untuk mempromosikan Sumatera Selatan, Febrita menggandeng kaum muda di daerahnya untuk berkolaborasi dengan cara berkarya. Feby Deru menjelaskan, kolaborasinya dengan generasi muda, sengaja dilakukan untuk menimbulkan rasa mencintai dan memiliki warisan budaya yang ada.   
Dalam kesempatan ini, Feby juga memperlihatkan salah satu warisan budaya asal daerahnya, yaitu kain tenun Tajung. Kain tersebut ditampilkan bersama desainer Putroh Ramadhan.  

"Kain yang ditampilkan adalah kain untuk pria yang biasa dipakai untuk kegiatan adat, resepsi pernikahan. Kami mengajak desainer untuk mengangkat kain tenun Tajung yang menjadikan kaum muda untuk menggunakannya," ujar Febrita.   

BACA JUGA:Tokoh Inspirasi, Dian Pelangi, Desainer Multitalenta

Pesona Kain Tajung

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel) menghadiri gelaran Festival6 yang diselenggarakan oleh Kapanlagi Youniverse (KLY). Dalam gelaran ini, Pemprov Sumsel menampilkan salah satu warisan budayanya, yaitu kain tenun Tajung.  

Untuk memaksimalkan pesona kain khas Sumsel itu, Pemprov Sumsel melakukan kolaborasi dengan salah satu desainer muda bermama Putroh Ramadhan.  

Ketua Dekranasda Pemprov Sumsel Feby Deru mengatakan, kolaborasinya dengan Putroh menjadi langkah tepat, untuk mempromosikan warisan budaya.  

“Kami mengajak desainer muda untuk mengangkat kain tenun warisan budaya, agar anak muda mau mengetahui dan mau menggunakannya," kata Feby usai menerima penghargaan Anugerah Tokoh Inspiratif Pegiat Kelestarian dan Pengembangan Budaya Berbasis UMKM di Senayan Park. 

BACA JUGA: Tokoh Inspirasi Sri Rahayu Suroso, Pemilik Carissa, Pribadi Unggul SDM Pemenang  

Pesona kain tenun Tajung dipamerkan di panggung Festival6, dengan tampilan 'baru'. Kain Tajung, kata Feby, sebenarnya adalah kain yang dipakai untuk para pria untuk kegiatan adat, resepsi pernikahan, dan kesehariannya.   

Sumber: