Inspiratif Eyang Hermin, Nenek 70 Tahun yang Tetap Hasilkan Karya Seni Lukis

Inspiratif Eyang Hermin, Nenek 70 Tahun yang Tetap Hasilkan Karya Seni Lukis

Eyang Hermin (Jilbab) dengan Ketua Ambyar, Novi Anggraini berfoto dengan latas belakang karya seni lukis yang dipamerkan di Pameran Seni Rupa “Ekspresi Musi Sumatera Selatan”.-henny/radarpalembang-

 

 

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – Hermin Budiarsi atau biasa disapa Eyang Hermin yang sudah berusia 70 tahun, menjadi inspirasi bagi generasi muda penggiat seni lukis di metropolis.

Eyang Hermin kali ini terlibat dalam Pameran Seni Rupa “Ekspresi Musi Sumatera Selatan”, 30 Mei hingga 3 Juni 2023 di Galeri Cipta Taman Budaya Sriwijaya Palembang.

Lukisan Eyang Hermin ini, bisa dinikmati di even yang digelar UPTD Museum Negeri Sumsel melalui Taman Budaya Sriwijaya bersama 12 komunitas seni rupa.

BACA JUGA:Puisi Seni untuk Negeri Karya Tria Nova, Berharap Angan tanpa Kegagalan

 

"Saya berkecimpung di seni lukis semenjak bergabung di Komunitas Ambyar pada 2019. Saya terkontaminasi karena sering mengantar cucu untuk mengikuti lomba seni lukis. Kebalik ya, biasa anak yang ikut jejak orangtua, ini orangtua yang ikut cucu,” ujar Eyang Hermin, Selasa, 30 Mei 2023.

Eyang Hermin akui, ia tidak memiliki latar belakang pendidikan seni rupa sama sekali, namun berkat dorongan para cucu, akhirnya bisa berani tampil untuk memamerkan hasil karyanya.

BACA JUGA:Pemanfaatan Seni Anyaman Makrame Sebagai Media Pembelajaran Teks Prosedur

 

Ia menyebut, seni dari hati nurani, tidak perlu melihat ke mana, biarkan mengalir sesuai hati, nanti akan terbentuk dengan yang diinginkan

“Saya ingin lukisan mengisi kekosongan dinding-dinding rumah. Jadi kalau saya sudah tidak ada, anak-anak dan cucu tiap pulang ke rumah, ini lukisan Eyang di usia sekian masih bisa berkarya,” ucapnya.

Sementara Novi Anggraini, Ketua Komunitas Ambyar Sumsel menambahkan, semangat Eyang Hermin patut dicontoh generasi muda yang berkecimpung di dunia seni.

Sumber: