Apa Itu Diet Ornish? Berikut Aturan Serta Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh

Apa Itu Diet Ornish? Berikut Aturan Serta Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh

Apa Itu Diet Ornish? Berikut Aturan Serta Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Banyak cara dilakukan agar berat badan dapat terjaga sehingga tubuh tetap sehat salah satunya dengan diet.

Salah satu program diet yang dapat dilakukan untuk menjaga berat badan dan kesehatan tubuh adalah Diet Ornish.

Lantas apakah sebenarnya Diet Ornish tersebut, dan bagaimana pula manfaatnya bagi keshatan tubuh?

Diet Ornish adalah salah satu jenis diet yang efektif dalam menurunkan berat badan yang dipopulerkan oleh Dr. Dean Ornish.

BACA JUGA:Ternyata ini 6 Manfaat Berhubungan Intim Saat Hamil Trimester 3

Aturan utama pada diet ini adalah membatasi asupan lemak. hal ini bertujuan merubah pola makan dan gaya hidup lebih sehat, sehingga kesehatan orang yang menjalani diet ini tetap terjaga.

Diet Ornish sendiri memiliki beberap aturan yaitu dengan membatasi asupan makanan berlemak secara signifikan, yaitu hanya 10 persen saja dari total asupan kalori harian.

10 persen asupan lemak tersebut hanya boleh dari lemak nabati. Jenis lemak ini bisa Anda temukan pada kacang-kacangan, biji-bijian, dan polong-polongan.

Namun lemak hewani yang berasal dari putih telur dan susu rendah lemak atau produk olahannya masih dapat dikonsumsi dalam jumlah terbatas, yaitu tidak lebih dari 2 porsi atau 2 gelas setiap harinya.

BACA JUGA:Apa Itu ADHD? Segera Pahami Gejala dan Penyebab Terjadinya

Selain lemak, asupan karbohidrat sederhana, seperti roti tawar, kue manis, dan sirup, perlu dibatasi. Di sisi lain, asupan karbohidrat kompleks, seperti nasi merah, roti gandum, dan kentang, perlu ditingkatkan.

Mereka yang sedang  menjalankan diet ini sebaiknya juga menambah konsumsi sayur dan buah. Selain itu mereka juga dianjurkan untuk berolahraga secara rutin, seperti jalan kaki selama 20–30 menit setiap hari..

Sedangkan untuk manfaat Diet Ornish dapat kalian simak dibawah ini.

1. Menurunkan berat badan

Sumber: