UBD Raih Anugerah sebagai Pengelola Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi Terbaik

UBD Raih Anugerah sebagai Pengelola Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi Terbaik

Hadir secara langsung untuk menerima penghargaan ADik Terbaik 2023 tersebut, Rektor Universitas Bina Darma Dr. Sunda Ariana, M.Pd., M.M.-dok ubd-

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – Universitas Bina Darma meraih penganugerahaan merdeka belajar dalam kategori pendidikan tinggi, lebih spesifiknya sebagai ‘Pengelola Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) Terbaik’.

Penghargaan ini diberikan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Kemendikbudristek memberikan anugerah Merdeka Belajar kepada para pemangku kepentingan mitra Merdeka Belajar. Dari perguruan tinggi, pemda, hingga media.

anugerah Merdeka Belajar diberikan kepada para pemangku kepentingan yang sudah berkontribusi secara signifikan dalam pembangunan pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi,” jelas Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Ir Suharti MA, PhD, dikutip dari detik.

BACA JUGA:UBD Datangkan Dosen Tamu dari Luar Negeri untuk Menambah Wawasan Mahasiswa Pascasarjana

Setiap penerima penghargaan, dikatakan telah mengalami seleksi yang ketat yang telah dilaksanakan oleh Kemendikbud. Terpilihnya Universitas Bina Darma sebagai pemenang ADik Terbaik adalah suatu prestasi yang membanggakan khususnya bagi Civitas Academica Universitas Bina Darma.

Hadir secara langsung untuk menerima penghargaan ADik Terbaik 2023 tersebut, Rektor Universitas Bina Darma Dr. Sunda Ariana, M.Pd., M.M. serta Dr. Yanti Pasmawati, S.T., M.T.. Plt. Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama.

Usai menerima penghargaan, Dr. Sunda Ariana, M.Pd., M.M. menyampaikan bagaimana proses adaptasi para penerima beasiswa afirmasi tersebut di Sumsel.

“Mereka ini tidak ingin dibedakan, tapi juga tidak mau dispesialkan, mereka mau diperlakukan sama saja seperti yang lain,” ujarnya.

BACA JUGA:Dosen UBD jadi Narasumber Pelatihan Guru se-Sumsel

Lanjutnya, awal mula Universitas Bina Darma penerimaan terhadap teman-teman dari papua dan daerah 3T, di mana mereka sangat menyukai baik dari dosen, teman-teman mereka, pimpinan perguruan tinggi, sehingga mereka merasa bisa diterima dan menyatu di masyarakat.

Lebih lanjut Rektor Universitas Bina Darma menerangkan bahwa awalnya, ada kekhawatiran tentang mengelola anak-anak Papua yang berbeda kebudayaan dan kebiasaan.

Menurut dia, hal ini tentu bukan hal mudah, tetapi Universitas Bina Darma diawal semester 1 telah memberikan pengetahuan sosial di sumatera selatan itu kebudayaannya seperti apa, agar tidak terjadi benturan budaya atau culture shock bagi teman-temannya dan bagi anak papuanya sendiri.

Oleh karena itu anak-anak Papua ini bisa membaur dengan budaya dan masyarakat sekitar.

BACA JUGA:PT RFB Palembang dan UBD Edukasi Calon Wisudawan Hadapi Dunia Kerja

Diberikan penghargaan ADik ini juga menjadi dorongan bagi Universitas Bina Darma untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan yang diberikan, memperluas jangkauan program beasiswa afirmasi, dan berkolaborasi dengan pemerintah serta mitra terkait lainnya dalam mewujudkan visi pendidikan yang inklusif dan berkualitas.

Melalui Karnaval Merdeka Belajar ini, dapat menjadikan momentum bagi institusi pendidikan untuk merayakan prestasi mereka dan menginspirasi perubahan positif dalam dunia pendidikan.

Pada event Karnaval Merdeka Belajar itu ribuan masyarakat hadir dari berbagai penjuru Indonesia, mereka datang untuk menyaksikan pergelaran Karnaval Merdeka Belajar di titik nol Yogyakarta.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Mendikbudristek Nadiem Makarim, Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid, Direktur Film, Musik, dan Media Ahmad Mahendra. Karnaval Merdeka Belajar merupakan bagian dari kegiatan Hari Pendidikan Naisonal atau Hardiknas 2023. (*)

Sumber: