Ini Tujuan Pemeriksaan Metal Detector Pada UTBK-SNBT Unsri 2023

Ini Tujuan Pemeriksaan Metal Detector Pada  UTBK-SNBT Unsri 2023

Tujuan Pemeriksaan Metal Detector Pada UTBK-SNBT Unsri 2023--sumeks.co

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Panitia Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) Universitas Sriwijaya (Unsri) 2023 melakukan pemeriksaan dengan metal detector terhadap peserta.

Mengutip sumeks.co, Rektor Unsri Prof Dr Ir H Anis Saggaff mengatakan hal tersebut bertujuan mencegah kecurangan sepeti yang terjadi di Universitas Sumatera Utara (USU) Medan.

"Ini sudah sesuai SOPnya, guna untuk mencegah agar tidak kecolongan seperti di USU Medan," kata Anis pada, Senin 15 Mei 2023. 

Lebih lanjut Anis Saggaf menambahkan bukan hanya sekujur tubuh yang di periksa menggunakan metal detector, para perserta juga tidak diperkenankan membawa ponsel dan alat elektronik apapun ke dalam ruang ujian.

BACA JUGA:Unsri Meriahkan Bulan Merdeka Belajar Peringati Hardiknas 2023 Sekaligus Launching Dies ke-63

"Sebab, kami tahun ini ujiannya menggunakan sistem komputer dan perangkatnya telah panitia siapkan," ujar Anis Saggaff. 

Anis juga mengungkapkan apabila nanti ada peserta yang terbukti melakukan kecurangan maka akan segera di diskualifikasi.

"Maka, peserta secara otomatis akan kami diskualifikasi dan pidanakan serta akan diserahkan pula ke pihak berwajib," ungkap Anis Saggaff. 

Mengingat ketatnya pengawasan UTBK-SNBT 2023 di Unsri hingga saat ini belum ditemukan bentuk kecurangan apapun apalagi peratik perjokian.

BACA JUGA:Unsri Bakal Punya Rektor Baru, Panitia Pilrek Kirim Undangan ke 133 PTN

"Alhamdulillah, semua lancar. Tidak ada indikasi joki dan kecurangan lain," jelas Anis Saggaff. 

UTBK-SNBT Unsri 2023 sendiri dibagi dalam dua gelombang, engan masing-masing dua sesi tiap harinya. Gelombang pertama dimulai pada hari ini, Senin, 14 Mei 2023 dan Gelombang kedua akan dilaksanakan pada 22-28 Mei 2023.

Pada hari pertama ini para peserta ujian mulai dapat izin masuk ruang ujian. Berlanjut latihan mengerjakan soal pada pukul 07.10 WIB.

Sementara, ujian tes potensi skolastik (TPS) pelaksanaannya 5 menit setelah latihan, yang langsung lanjutntes literasi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan penalaran Matematika pada 08.45 WIB.

Sumber: sumeks.co