Pemkab Lahat Gelar Pasar Murah, Ramai Warga Serbu Gedung Kesenian

Pemkab Lahat Gelar Pasar Murah, Ramai Warga Serbu Gedung Kesenian

Guna menekan lonjakan harga Sembako selama bulan ramadhan, Pemkab Lahat menggelar Operasi Pasar Murah yang Diserbu Para Warga--doc radarpalembang.disway.id

LAHAT, RADARPALEMBANG.COM - Guna menekan lonjakan harga Sembako selama bulan ramadhan, Pemkab Lahat menggelar Operasi Pasar Murah (OPM) yang dipusatkan pada Tiga titik diseluruh kecamatan Lahat.

Wakil Bupati (Wabub) Kabupaten Lahat, H Haryanto,SE Mba bersama Forkopimda membuka langsung kegiatan tersebut pada Rabu, 5 April 2023.

Kegiatan yang diharapkan akan berdampak positif dan meringankan beban masyarakat tersebut diadakan di gedung Kesenian Kabupaten Lahat.

Wabup Lahat H Haryanto,SE Mba mengatakan, kegiatan OPM digelar karena tingginya konsumsi masyarakat selama bulan ramadhan.

BACA JUGA:HDCI Palembang Salurkan Ratusan Paket Bantuan ke Korban Banjir Lahat

Karenanya, agar harga Sembako tidak melonjak drastis maka Pemkab Lahat bekerjasama dengan Perun Bulog menggelar kegiata pasar murah yang menyasar seluruh kalangan masyarakat.

"Barang yang dijual mulai dari Beras, Telur, Minyak, Tepung Terigu, Cabe yang semuanya dijual dengan harga yang terjangkau bagi masyarakat, sehingga mampu meringankan masyarakat terhadap tingginya konsumsi selama bulan ramadhan,"ujar H Haryanto.

Sementara itu, kepala Dinas Perdagangan kabupaten Lahat Yunisa Rahman,Sip MM menuturkan, untuk harga Sembako yang dijual yakni beras 5 Kilogram seharga Rp.45 ribu.

Gula Rp.10 ribu perkilo, Tepung Terigu Rp 5000 perkilo, Cabe Keriting Rp 12.500, Cabe Rawit merah Rp 12.500 dan Telur Rp.30 ribu perkarpet.

BACA JUGA:BME Salurkan Ribuan Paket Sembako ke 22 Desa Korban Banjir Lahat

Dimana untuk mendapatkan sembako murah masyarakat juga diharap kan membawa Kartu Keluarga asli Lahat yang bertujuan agar Sembako yang dijual tepat sasaran dan tidak dimanfaat kan oleh oknum tertentu.

"Biasanya selama bukan Ramadhan selalu terjadi kenaikan harga Sembako dan hal inilah yang harus diantisipasi dengan menggelar pasar murah ditiga Titi,"imbuhnya.

Dijelaskan Yunisa, pada tahun 2023 ini Pasar murah diselenggarakan di 24 kecamatan yang akan di laksanakan 3 dimana tahap pertama di kecamatan Lahat, Kecamatan Mulak Sebingkai dan kecamatan Muara Payang dengan Harga jual adalah harga subsidi.

"Tingginya antusias masyarakat membuat Pemkab Lahat semakin optimis untuk menggelar OPM sampai menjelang Idul Fitri, namun hal ini masih melihat Sinkon yang ada apakah memungkin kan atau tidak,"pungkasnya.

Sumber: