Warga Palembang Berebut Sembako Murah di Kantor Camat Sako, Rp 73 Ribu dapat 5 Kg Beras dan 1 Liter Minyak

Warga Palembang Berebut Sembako Murah di Kantor Camat Sako, Rp 73 Ribu dapat 5 Kg Beras dan 1 Liter Minyak

Ratusan warga berebut berbelanja sembako di pasar murah yang diadakan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang di halaman Kantor Camat Sako--sumeks.co

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Ratusan warga berebut berbelanja sembako di pasar murah yang diadakan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang di halaman Kantor Camat Sako.

Kegiatan pasar murah yang menyediakan beragam kebutuhan pokok masyarakt tersebut berlangsung pada Senin, 10 Juni 2024 mulai pukul 08.00 Wib.

Di pasar murah ini masyarakat dapat membeli paket kebutuhan pokok dengan harga yang sangat murah tentunya yakni  RP 73 ribu untuk  5 kilogram beras dan 1 liter minyak goreng.

Adapun kegiatan pasar murah yang digelar dalam rangka perayaan HUT Kota Palembang ini bertujuan juga menekan inflasi dan mengembalikan daya beli masyarakat.

BACA JUGA:Ketua DPRD Sumsel Ikut Meriahkan Perayaan HUT ke-1 DPD HBB Sumsel di Palembang

"Kita ingin program dan kegiatan Pemkot Palembang menyentuh langsung masyarakat dan di samping itu menggeliatkan ekonomi Kota  Palembang," ujar Pj Walikota Palembang, Ratu Dewa.

Dewa mengungkapkan kalau saat ini data Inflasi di Kota Palembang bulan Mei 2024 adalah sebesar 3,03 persen dengan indeks harga konsumen sebesar 115,72.

Dengan komoditas penyumbang inflasi tertinggi beras 0,48 persen, daging ayam ras 0,38 persen dan emas perhiasan 0,36 persen.

Faktor yang mempengaruhi naiknya angka inflasi ini adalah emas yang mengalami nilai tukar yang melemah (kebijakan moneter).

BACA JUGA:Ratu Dewa Pastikan Perekonomian Palembang Menjanjikan untuk Berinvestasi

"Beras dikarenakan fenomena el nino perubahan cuaca yang tidak menentu dan ayam karena harga yang masih tinggi akibat melemahnya rupiah terhadap dolar," bebernya.

Tak lupa, Pj Wali Kota Ratu Dewa mengapresiasi setinggi-tingginya atas dukungan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan serta Badan Musyawarah Perbankan Daerah untuk Pemerintah Kota  Palembang.

"Salah satu diantaranya adalah terselenggaranya pelaksanaan pasar murah Pemerintah Kota  Palembang dalam menyambut Hari Jadi Kota Palembang dan Hari Raya Iduladha ini," ucap dia.

Selanjutnya, Pj Wali Kota mengucapan terima kasih kepada Bulog, produsen dan distributor pangan, agen cabai rawit dan cabai merah di Kota Palembang atas dukungan dan kerja samanya dalam memberikan keringanan harga pangan khususnya untuk diperjualbelikan di pasar murah ini.

Sumber: