Catat, THR Bansos Beras, Telur dan Ayam Diserahkan Besok ke Keluarga Penerima Manfaat

Catat, THR Bansos Beras, Telur dan Ayam Diserahkan Besok ke Keluarga Penerima Manfaat

Salah satu peserta Keluarga Penerima Manfaat saat menerima bansos.--kemensos.go.id

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – Keluarga Peneriman Manfaat (KPM) dari data Kementerian Sosial dipastikan akan menerima Tunjangan Hari Raya atau THR 2023 dalam bentuk bantuan sosial atau bansos.

Bansos untuk Keluarga Penerima Manfaat atau KPM ini digelontorkan pemerintah seiring pengumuman pemberian Tunjangan Hari Raya atau THR 2023 untuk aparatur sipil negara (ASN/PNS) termasuk TNI/Polri dan pensiunan dalam rangka Idul Fitri.

Pemerintah menggelontorkan Rp 38,9 triliun untuk THR 2023 aparatur sipil negara (ASN/PNS) termasuk TNI/Polri dan pensiunan dalam rangka Idul Fitri, sedangkan  THR dalam bentuk bantuan sosial (bansos) dianggarkan pemerintah sebesar Rp 8,2 triliun.

Tunjangan Hari Raya atau THR dalam bentuk bansos yang diperuntukkan ke Keluarga Penerima Harapan atau KPM buat masyarakat tidak mampu berupa beras, telur dan ayam.

BACA JUGA:Kapan Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Lebaran 2023? Simak Penjelasan Pemerintah, Catat Tanggal Berikut

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi, Kamis 30 Maret 2023 mengatakan saat ini proses regulasi penyaluran bansos tersebut terus disiapkan.

THR Bansos akan dikirimkan mulai Kamis 30 Maret 2023 dan diperkirakan beras akan sampai ke penerima mulai hari Jumat 31 Maret 2023.

"Tadi pagi sudah brief seluruh Indonesia, (Kamis hari ini) 30 Maret 2023 mulai untuk beras. (Dikirim) besok (Jumat 31 Maret 2023) eksekusi," ucap Arief Prasetyo Adi.

Bantuan beras akan diberikan 10 kg kepada 21,3 juta keluarga penerima manfaat (KPM) selama tiga bulan yakni Maret, April, dan Mei dengan riteria penerimanya merupakan keluarga yang masuk daftar program keluarga harapan (PKH) dan penerima bantuan pangan non tunai.

BACA JUGA:Hore, Minggu Depan THR ASN Cair, Besarannya 1 Bulan Gaji Plus Tukin 50 Persen

Untuk THR bansos lainnya, yakni bantuan pangan berupa telur dan daging ayam gratis penyalurannya baru akan dilakukan April 2023.

Sebagai catatan, bantuan sosial atau bansos berupa telur dan daging ayam ini diberikan kepada 1,4 juta KPM yang memiliki balita stunting.

"Kemungkinan (bansos) ayam dan telur untuk keluarga risiko stunting April 2023. (Pengiriman bansos) sedang propose 3x," ujar Arief Prasetyo Adi.

Adanya THR bantuan sosial atau bansos kepada Keluarga Penerima Manfaat atau KPM itu diharapkan dapat membuat konsumsi rumah tangga tetap terjaga selama Ramadan 1444 H terutama menjelang Idul Fitri nanti.

BACA JUGA:Siap-siap Ambil DANA THR, Caranya Gampang Banget, Cukup Lakukan Ini

“Bansos pangan tersebut merupakan bentuk keberpihakan pemerintah kepada masyarakat khususnya kelompok miskin dan rentan,”kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Kamis 30 Maret 2023.

“Pemerintah saat ini memberikan pemenuhan kebutuhan gizi melalui program perlindungan sosial bantuan (bansos) pangan,” kata Sri Mulyani.

Sumber: