Cara Daftar KIP Kuliah 2023, Cek Linknya Berikut

Cara Daftar KIP Kuliah 2023, Cek Linknya Berikut

Berikut Link dan cara pendaftaran KIP Kuliah tahun 2023--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Bagi kamu para calon mahasiswa, kamu bisa mendapatkan fasilitas dari Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah yang dapat membantu kamu untuk permasalahan biaya pendidikan.

Bantuan ini tentu sangat berguna bagi calon mahasiswa karena dapat meringankan beban biaya pendidikan bagi perguruan tinggi yang relatif mahal. 

Lalu apa itu KIP, bagaimana cara daftar KIP, dan apa saja syarat yang kamu butuhkan, yuk  simak penjelasan di bawah ini!

Mengutip dari laman kemdikbud.go.id, KIP-kuliah merupakan bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi siswa lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang mempunyai potensi akademik baik tapi memiliki keterbatasan ekonomi. 

BACA JUGA:Mau Jadi PNS Kemenhub, 1 April Sekolah Kedinasan Buka Pendaftaran

Namun pasalnya program kip ini berbeda dengan beasiswa yang berfokus pada memberikan penghargaan atau dukungan dana terhadap mereka yang berprestasi.

Terdapat dalam penjelasan pasal 76 UU No. 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi. 

Adapun cara mendaftar di kuliah bagi yang tidak memiliki kartu kip yaitu bisa mengikuti program dengan beberapa syarat. 

Berikut ini syarat dan cara daftar kip bagi calon mahasiswa yang tidak memiliki KIP. 

BACA JUGA:Kapan PPDB Online SMP di Palembang 2023 Dibuka? Pantau Link Berikut

1. Berasal dari keluarga tidak mampu

Jika dilihat dari sudut pandang ekonomi siswa yang berasal dari keluarga tidak mampu dapat mendaftar beasiswa kib dengan ketentuan bukti pendapatan kotor gabungan orang tua atau wali paling banyak Rp 4.000.000 setiap bulan. 

2. Membuat surat keterangan

Siswa harus memiliki Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari kelurahan/desa sesuai dengan domisili. Sebelumnya kamu perlu menghubungi rt/rw untuk meminta syarat berkas dan surat pengantar ke kelurahan. 

Sumber: kemdikbud.go.id