Senyum Ramadhan Bersama Rumah Zakat, Berbagi Buka Puasa Hingga Kado Lebaran Yatim

Senyum Ramadhan Bersama Rumah Zakat, Berbagi Buka Puasa Hingga Kado Lebaran Yatim

Kebahagiaan anak-anak bersama Rumah Zakat setiap tahun di bulan suci ramadhan dalam program berbagi seperti paket buka puasa, kado lebaran yatim dan bingkisan lebaran keluarga.--dok. radarpalembang.disway.id

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Ramadhan adalah bulan penuh berkah, bulan yang ditunggu oleh semua umat Islam.

Dalam bulan istimewa ini, ada banyak kebaikan yang bisa dilakukan. karena momentum puasa di bulan Ramadhan merupakan media pendidikan bagi umat Islam untuk berlatih empati dan berbagi.

Seperti tahun sebelumnya, Rumah Zakat kembali memfasilitasi para donatur untuk berbagi di bulan ramadhan dengan berbagai program istimewa.

Yakni Berbagi Buka Puasa (BBP), Kado Lebaran Yatim (KLY), Bingkisan Lebaran Keluarga (BLK), Syiar Quran (SQ) dan Ramadhan Bebas Hutang (RBH).

BACA JUGA:Banjir Bandang Lahat, Rumah Zakat Turunkan Relawan

Rumah Zakat adalah lembaga amil zakat nasional milik masyarakat Indonesia yang mengelola zakat, infak, sedekah, serta dana kemanusiaan.

"Alhamdulillah dana zakat, infak dan sedekah yang sahabat amanahkan kepada Rumah Zakat telah tersalur kepada yang membutuhkan. Terima kasih atas kontribusinya hingga hari ini sahabat,"ujar CEO Rumah Zakat, Irvan Nugraha.

Disampaikan Irvan, hingga Februari 2023, tercatat sebanyak 48.006 penerima manfaat dan 172.537 orang telah menerima layanan manfaat diberbagai program pemberdayaan Rumah Zakat.

Zakat anda tidak hanya diterima oleh yang berhak lalu habis begitu saja. Zakat anda telah membantu memberdayakan dan membahagiakan masyarakat Indonesia.

BACA JUGA:Kelas Lansia Rumah Zakat, Ajarkan Lifestyle Penderita Hipertensi

Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui. (Q.S. Al-Baqarah : 261)

Selama bulan ramadhan, Rumah Zakat akan meluncurkan Gerakan Ramadan Kejar Pahala #BergerakNyata untuk Indonesia dengan memberikan 1 juta manfaat kepada masyarakat di seluruh Indonesia.

Program ini dalam bentuk pembagian Ifthar, Infak Sembako Keluarga, Syiar Qur’an, Sedekah Takjil, Sajadah Masjid, dan Ramadan Bebas Hutang.

“Rumah Zakat membuat Gerakan Bersih-bersih 1.000 Masjid di Indonesia. Tujuannya membuat masjid menjadi nyaman saat digunakan untuk beribadah. Rumah Zakat juga menyalurkan karpet masjid dan Al Qur’an dari para donatur.

BACA JUGA:Harnojoyo Apresiasi Rumah Zakat, Berangkatkan Sembako Satu Truk

Untuk diketahui, sepanjang tahun 2022, Rumah Zakat telah memberdayakan 1,5 juta penerima manfaat. Sekitar 19,5% penerima manfaat dari program ekonomi Rumah Zakat, keluar dari garis kemiskinan dan mengalami peningkatan kesejahteraan.

Sementara di tahun 2023, Rumah Zakat menargetkan minimal 15% penerima manfaat keluar dari garis kemiskinan.

Rumah Zakat juga meluncurkan aplikasi Rumah Zakat App 2.0. Lewat aplikasi ini, donatur bisa melacak zakat, melihat laporan zakat, menghitung zakat dengan kalkulator zakat, hingga menunaikan zakat.

“Rumah Zakat App pertama kali dirilis bulan Desember 2022 dan Alhamdulillah kini sudah memiliki 5.000 pengguna aktif,” katanya.

BACA JUGA:BAHAGIA RAFI TERIMA SEDEKAH PANGAN AMANAH DONATUR RUMAH ZAKAT

Aplikasi ini, kata Irvan, sebagai bentuk transparansi zakat dari para donatur sehingga mereka bisa mengetahui laporan dana zakat, infak, sedekah yang diamanahkan kepada Rumah Zakat.

Sumber: