Piagam Perjanjian Koalisi Perubahan Sudah Ditadatangani AHY dan Surya Paloh, Segera Deklarasi Anies Capres

Piagam Perjanjian Koalisi Perubahan Sudah Ditadatangani AHY dan Surya Paloh, Segera Deklarasi Anies Capres

AHY dan Anies Baswedan saat bertemu di Kantor DPP Demokrat beberapa hari yang lalu. AHY juga sudah menandatangani Piagam Perjanjian Koalisi Perubahan. --twitter/@AgusYudhoyono

Beberapa syarat Cawapres dari Koalisi Perubahan adalah: pertama, memiliki visi yang sama dengan partai koalisi serta capres untuk perubahan bangsa. 

Kedua, Cawapres yang akan dipilih harus memberikan kontribusi  suara untuk pemenangan kontestasi Pilpres 2024. Artinya, Cawapres yang dipilih dapat menutupi kelemahan Capres di wilayah tertentu dalam menduang suara saat pemilu. 

BACA JUGA:Demokrat: Mana Harun MasikuPerseteruan Abadi PDIP dan Demokrat Kembali Memanas, Hasto Tuding SBY Curang, 

Ketiga, Cawapres yang akan dipilih dan ditentukan oleh Capres Anies Baswedan adalah  mampu memberikan kontribusi dan membantu presiden  dalam membangun pemerintahan yang baik. 

Dengan demikian, pasangan Capres dan Cawapres yang diinginkan oleh koalisi perubahan adalah, benar-benar dwi tunggal. Keduanya harus  saling memberi dan menerima  serta saling melengkapi satu sama lain. 

‘’Kita dari tiga partai sudah sepakat dan kesepatan itu sudah tertuang dalam piagam perjanjian koalisi perubahan. Kita menyerahkan sepenuhnya kepada Mas  Anies untuk menentukan Cawapres sesuai dengan kriteria yang telah disepakati,’’ujar Andi Malaranggeng. 

BACA JUGA:Muchendi Mahzareki: DPD Demokrat Sumsel Beri Syarat Jika Kader Ingin Maju Pilkada 2024

Andi Malaranggeng juga memastikan Ketua Umum Surya Paloh juga telah menadatangi Piagam Perjanjian Koalisi Perubahan itu. Saat ini, PKS juga dalam proses untuk melakukan penandatanganan. 

‘’Setelah itu, ya deklarasi bersama. Jadi jika yang mengatakan Koalisi Perubahan masih rapung, ya lihat sendiri . Keberadaa koalisi perubahan semakin kokoh,’’ujar Andi. 

Sementara itu, Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra, saat ini  keberadaan Kolisi Perubahan semakin solid. 

BACA JUGA:Respon PKS Demokrat dan Nasdem Soal PDIP Ogah Bergabung Dengan Koalisi Perubahan, Kami Tak Ambil Pusing

Menurutnya, Deklrasi bersama Koalisi Perubahan dan Deklarasi Anies Baswedan sebaga Capres untuk Pilpres 2024 hanya menunggu waktu. 

Herzaky menyampaikan pernyataan itu menyikapi  tentang pertemuan antara Ketua Umum Partai  NasDem Surya Paloh dengan Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Dia menilai, pertemuan 2 ketua umum partai itu tidak akan memengaruhi keberadaan Koalisi Perubahan dan Pencapresan Anies Baswedan. 

BACA JUGA:Gerak Cepat, Tim Kecil Koalisi Perubahan dan Aneis Sambangi AHY di kantor Demokrat

Sumber: