Surya Paloh Sebut AHY Pantas Jadi Cawapres 2024 dari Koalisi Perubahan, Tapi Tergantung Anies Baswedan

Surya Paloh Sebut AHY Pantas Jadi Cawapres  2024 dari Koalisi Perubahan, Tapi Tergantung Anies Baswedan

Ketua Umum Partai Demokrat AHY memberikan keterangan pers usai bertemu dengan Surya Paloh, Rabu, 22 Februari 2023. Surya menganggap AHY pantas jadi Cawapres dari koalisi perubahan untuk Pilpres 2024. ----rmol

JAKARTA, RADARPALEMBANG.COM -  Ketua Umum Partai NAsDem Surya Paloh sebut AHY (Agus Harimurti Yudhoyono) pantas untuk menjadi  Calon Wakil Presiden (Cawapres) pada Pilpres 2024. Hal itu sangat tergantung kepada Capres Koalisi Perubahan Anies  Bawedan. 

Surya Paloh menyampaikan kemungkinan figur yang akan menjadi Cawapres Kaolisi Perubahan saat ditannya wartawan usai bertemu dengan AHY di kantor DPP Partai Demokrat, pada Rabu 22 Februari 2023 di Menteng, Jakarta Pusat. 

Menurunya, AHY sangat pantas untuk menjadi Cawapres mendampingi Anies Baswedan.  Surya menjelaskan, dalam menentukan Cawapres, Anies Baswedan punya andil dan dialah yang berhak memilihnya.  

BACA JUGA:AHY dan Surya Paloh Bertemu PKS Happy, Mardani: Koalisi Perubahan Semakin Solid

 ‘’Jangan AHY, saya pun pantas untuk menjadi Cawapres. Itu kalau ditanya pendapat saya,’’seloroh Surya Paloh kepada wartawan saat wawancara doorstop dengannya. 

Surya Paloh juga menyampaikan, sikap dari AHY dan Partai Demokrat  tidak ngotot terkait dengan Cawapres di dalam koalisi perubahan.  

‘’Saya sangat memahami sikap AHY dan Demokrat. Jadi Cawapres boleh, tidak jadi Cawapres pun boleh. Kalau pertanyaannya apakah mas AHY pantas, ya sangat pantas,’’ujarnya, menukil dari jpnn. 

BACA JUGA:Kesepakatan Nasdem dan Demokrat Pada Pertemuan Surya Paloh dan AHY, Komitmen Kerucutkan Kaolisi Perubahan

Pertemuan antara Surya Paloh dan AHY,  selain membicarakan  tentang Pemilu secara umum seperti perubahan sistem pemilu dari proporsional terbuka menjadi tertutup. Mereka membahas masa depan koalisi perubahan. 

Saat itu, tiga partai yaitu, NasDem, Demokrat dan PKS sedang mematangkan dan mengerucutkan koalisi perubahan agar semakin solid. Tim Kecil dari koalisi itu sudah mengagendakan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU)  kerjasama politik. 

Soal Cawapres, ketiga partai sudah sepakat menyerahkansepenuhnya kepada Capres Anies Baswedan. Kendati konstien dari masing-masing partai terutama PKS dan Demokrat menginginkan kader mereka menjadi Cawapres. 

Penegasan Sikap Politik Demokrat

AHY usai bertemu dengan Surya Paloh kembali menegaskan sikap politik partai demokrat. ‘’Demokrat adalah salah satu pendukung Pak Anies Baswedan untuk menjadi Capres pada Pilpres 2024,’’ujar AHY. 

BACA JUGA:Golkar Pastikan Posisi KIB Solid Pasca Pertemuan Surya Paloh dan Airlangga Hartarto, Tak Ada Lobi Pilpres 2024

Sumber: