Mau Tau Produk Lokal dengan Sejuta Inovasi? Jawabannya Ada di Dorks Indonesia
Arfan Najirun, pemilik produk lokal DORKS INDONESIA--
Sumber:
Arfan Najirun, pemilik produk lokal DORKS INDONESIA--
PALEMBANG, RADAR PALEMBANG.COM Saat ini jika produk lokalIndonesia inginterus berkembang dan maju, harus banyak melakukan inovasiagar bisa bersaing dengan merek lokal lainnya. Tidak hanya dari segi kualitas produk itu sendiri, tetapi juga dari segala aspek lainnya yang akhirnya membuat konsumen menjadi tertarik untuk menggunakannya.
Salah satu merek lokal yang mampu berinovasi dari tahun ke tahun hingga sekarang adalah DORKS. Merek lokal ini tidak hanya menjual sepatu, namun juga sandal, t-shirt hingga snapback. Selain itu, sepatu yang dijual juga memiliki segmentasi yang luas untuk laki-laki dan perempuan.
Berdiri pada 31 Maret 2021, perjalanan DORKS dalam membangun produknya cukup melewati berbagai rintangan hingga akhirnya menjadi salah satu local brand yang sudah berlabel official store di beberapa e-commerce ternama, seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, Akulaku bahkan hingga Tiktok Shop. Untuk harga, Arfan meyakinkan para para calo pembelinya tidak akan terlalu menguras kocek. Namun, kualitas barang tetap dipertahankan. “Kualitas gak perlu diragukan,” ucap dia.
BACA JUGA:Transformasi Bisnis Holding Perkebunan Nusantara, Dibagi 3 Subholding
Arfan sadar, para pembelinya merupakan generasi muda-mudi yang sangat update dengan perkembangan lifestyle. Dia punberupaya menjaga agar kualitas sepatu yang dibuat mampu bersaing dengan brand-brang ternama. Karena itu, urusan produksi menjadi hal utama yang ia pikirkan. “Pembuatan produk DORKS semuanya sudah menggunakan teknologi mesin yang pastinya sangat kuat dan aman, serta didesain sebaik mungkin agar nyaman dipakai sehari-hari," kata dia.
BACA JUGA:Kamu Wajib Coba Nasi Goreng Gila ala Mas Broo, Pedasnya Terasa Pecah di Mulut
Selain terus meningkatkan kualitas produknya, DORKS juga telah memberikan banyak manfaat dan kebaikan yang tak hanya kepada pemiliknya, namun untuk orang lain yang ikut terlibat dalam proses produksi tersebut. Menilik lebih lanjut, merek lokal Indonesia ini setidaknya melibatkan 80 anak muda di dalamnya dan 40 ibu-ibu dalam proses produksinya. Dengan didirikannya DORKS ini, dinilai telah banyak membantu para ibu yang terkena PHK di pekerjaan sebelumnya serta merekrut anak muda yang memiliki potensi serta semangat dalam bekerja. Maka, produk lokal ini juga ikut serta dalam mengurangi angka pengangguran di Indonesia, khususnya di wilayah kabupaten Tangerang. “Kita berdayakan para ibu dan generasi muda yang memiliki tekad serta semangat yang tinggi dalam bekerja untuk ikut serta dalam membangun DORKS agar lebih sukses dan maju. Alhamdulillah dengan bergabung di DORKS, mereka dapat mencukupi kebutuhan keluarga mereka,” ujar sang pemilik produk lokal DORKS.
BACA JUGA:Kinerja PLN Diakui Dunia, Pemerintah Tanzania Bangun Sistem Kelistrikan Afrika Timur
Arfan Najirun menjelaskan, pasar penjualan DORKS untuk saat ini paling besar di wilayah Indonesia dari pulau besar, seperti Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Papua dan juga beberapa daerah terpencil. Selain itu, produk ini juga sudah banyak diminati hingga luar negeri seperti Malaysia dan Singapore.“Kami memiliki tekad yang kuat di 2023 ini untuk mencapai impian kami, yakni melakukan penjualan ke berbagai negara, bahkan hingga Middle East dan Eropa,” ucap Arfan dengan yakin.
Selain melakukan penjualan ke dalam dan luar negeri, DORKS juga telah melakukan kerja sama dengan beberapa instansi, sekolah dan perusahaan seperti Angkasa Pura Solusi, atau yang dikenal dengan anak perusahaan dari Angkasa Pura sebagai pengelola bandara-bandara besar di Indonesia untuk kebutuhan alas kaki karyawannya. “Pada awal tahun ini, DORKS meluncurkan 10 jenis produk sepatu premium, 3 diantaranya dengan campuran motif batik khas kabupaten Tangerang, yang bernama Raden Aria Wangsakara dan 7 produk sepatu premium lainnya. Hal itu sebagai bukti komitmen kami, untuk memajukan UMKM di wilayah Tangerang,” ujar pemilik DORKS. Arfan meyakinii dengan harga yang dijual saat ini sangat cocok dengan kantong milenial.
BACA JUGA:Dukung Pemulihan Ekonomi Kota Batam, PLN Gelar Investor and Bussines Forum
Nah kalau untuk harga, kita buat semenarik mungkin untuk kalangan milenial. Jadi, harga yang kita suguhkan sangat masuk di kocek generasi muda dan milenial di jaman sekarang. Sedangkan, untuk kualitas juga tidak perlu ragu. Mengingat, proses pembuatan produk DORKS semuanya sudah menggunakan teknologi mesin yang pastinya sangat kuat dan aman, serta didesain sebaik mungkin agar nyaman dipakai sehari-hari untuk menemani aktivitas,” ucap Arfan Najirun
Sumber: