Pelantikan 4.973 Petugas Pantarlih Palembang, Wako: Akurasi Data Pemilih Tentukan Kualitas Pemilu

 Pelantikan 4.973 Petugas Pantarlih Palembang, Wako: Akurasi Data Pemilih Tentukan Kualitas Pemilu

Walikota Palembang Harnojoyo saat melantik 4.973 Petugas Pantarlih. Hasil Kerja petugas Pantarlih menentukan kualitas pemilu. ---- sumeks.co

PALEMBANG, RADARPLAMBANG.COM – Walikota Palembang Harnojoyo melantik dan mengambil sumpah 4.973 Petugas Pantarlih (Pemutakhiran Data Pemilih) untuk Pemilu 2024. Mereka akan bertugas melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) terhadap pemutakhiran Data Pemilih

Harnojoyo mengingatkan keada petugas Pantarlih Palembang  untuk bekerja secara sungguh dan bertanggung jawab. Pasalnya, terciptakan kualitas pemilu salah satu penentunya adalah, keakuran data pemilih. 

‘’Jika data pemilih amburadul dan tidak akuran maka akan menciderai pemilu dan demokrasi. Petugas Pantarlih jangan sampai dalam melakukan Coklit secara serampangan,’’ujar Harnojoyo, mengutip dari sumeks.disway.id 

BACA JUGA:Senam Sehat Rutin, Azmi Shofix Sosialisasikan AHY Cawapres di OKU Timur

Pengambilan sumpah petugas Pantarlih Palembang oleh Walikota Harnojoyo dilakukan di Plaza JSC (Jakabaring Sport City) Palembang pada  Minggu 12 Februari 2023.

Selain Walikota, hadir juga dalam pelantikan dan pengambilan sumpah Wakil Walikota Palembang Fitriantu Agustinda dan Sekda Ratu Dewa serta pejabat lainnya termasuk para komisioner KPUD. 

Menurut Harnojoyo, 4.973 Petugas Pantarlih itu merupakan hasil seleksi yang dilakukan oleh KPU Kota Palembang.  Mereka akan bertugas di seluruh kecamatan yang ada di Palembang. 

BACA JUGA:19 Pantarlih Pasar III Muara Enim Dilantik, Langsung Bimtek

Pelantikan juga ditandai dengan pemasangan atribut kepada petugas Pantarlih sebagai simbol mereka mulai bertugas melakukan Coklit dan pemutakhiran data pemilih. 

Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Palembang untuk Pemilu 2024 akan didapatkan dari hasil Coklit dari para petugas Pantarlih itu.  

Menurut Harnojoyo, saat ini jumlah  penduduk kota Palembang yang sudah hak suara ada sekitar sekitar 1.200.000 jiwa.  Angka itu, memngkinkan terus bertambah karena  banyak pemilih pemula yang pada tahun sebelumnya masih berusia 17 tahun. 

BACA JUGA:Bisnis Adira Finance 2022 Didorong Segmen Non Otomotif dan Mobil

‘’Harapan saya, kalian bekerja maksimal untuk mendapatkan DPT yang ajeg dan akuran sehingga integritas dan kualitas Pemilu di Kota Palembang  tercapai,’’ujarnya. 

Sementara itu, Ketua KPU Palembang Syawaludin mengaku , penyelenggara pemilu baik itu KPU maupun Bawaslu akan mengawal secara ketat kerja petugas Pantarlih dalam melakukan Coklit dan pemutakhiran data pemilih. 

Sumber: