Kawal Pembangunan Tol Listrik, PLN Bersinergi Dengan Kejati Sumsel

Kawal Pembangunan Tol Listrik, PLN Bersinergi Dengan Kejati Sumsel

PT PLN Persero dalam hal ini PLN UIP Sumbagsel melakukan kunjungan ke Kantor Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan.--

 

 

PALEMBANG,RADAR PALEMBANG-  PT PLN Persero dalam hal ini PLN UIP Sumbagsel melakukan kunjungan ke Kantor Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan.

Kunjungan ini selain bersilaturahmi PLN UIP Sumbagsel dengan Kejati Provinsi Sumatera Selatan di awal tahun 2023, juga   untuk koordinasi pendampingan hukum dalam penyelesaian Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan SUTET 275 kV dan GITET 275 kV/ 500 kV Muara Enim. 

 

 

Kunjungan ini diterima  oleh Asisten Perdata dan Tata Usaha Negara (Asdatun) Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan, Pipuk Firman Priyadi, S.H., M.H beserta jajaran, dari PLN UIP Sumbagsel hadir General Manager PLN UIP Sumbagsel yang diwakili oleh Senior Manager Perizinan, Pertanahan dan Komunikasi PLN UIP Sumbagsel, Eko Rahmiko beserta jajaran dan Manager UPP Sumbagsel 1 yang diwakili oleh Asistant Manager Perijinan dan Umum, Chandra Putra Kiswara.

 

Dalam paparannya, Senior Manager Perizinan, Pertanahan dan Komunikasi PLN UIP Sumbagsel – Eko Rahmiko menyampaikan bahwa saat ini PLN tengah fokus dalam penyelesaian pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan SUTET 275 kV dan GITET 275 kV/ 500 kV Muara Enim yang akan digunakan untuk Evakuasi Daya PLTU Sumsel 8.

 

Eko juga menjelaskan bahwa PLTU Sumsel 8 ini adalah proyek yang dibangun oleh konsorsium pengembang. Dimana kepemilikannya dimiliki oleh PT Bukit Asam dan PT Huadian Power yang menjadi satu konsorsium menjadi PT Huadian Bukit Asam power (HBAP). "PLN bertugas untuk membangun SUTET untuk dapat mengevakuasi daya yang dihasilkan oleh PLTU Sumsel 8 ini. PLTU Sumsel 8 ini memang menjadi prioritas PLN karena ini terkait Take or Pay yang bisa mencapai 8 Milyar perhari. Ini merupakan prioritas 1," jelas Eko. 

 

Terkait progress pekerjaan PLTU Sumsel 8 di Tanjung Enim, Eko menuturkan bahwa saat ini telah selesai 100% dari PLTU Sumsel 8 ke Muara Enim. Lumut Balai sudah beroperasi, Gumawang sudah operasi. Lumut balai ditarik ke Lahat dan sudah beroperasi. Dari GITET ini, untuk menyalurkan energi listrik dihubungkan ke GI Existing terlebih dahulu untuk dinormalkan tegangannya.

 

Sumber: