Kajian Buya Yahya Tentang Keutamaan dan Amalan Pada Hari Jumat, Waktu Mustajab Minta Pertolongan Allah

Kajian Buya Yahya Tentang Keutamaan dan Amalan Pada Hari Jumat,  Waktu Mustajab Minta Pertolongan Allah

Buya Yahya membeberikan tentang keutamaan pada hari Jumat bagi Umat Muslim. ---- youtube/Al-Bahjah TV

BACA JUGA:Kontroversi Tuntutan Berat Jaksa kepada Justice Collaborator Richard Eliezer, Mencuat Tim Bawah Tanah Sambo

Amalam Salawat tersebut dapat dikerjakan mulai dari Kamis menjelang petang hingga Jumat lewat tengah malam.

2. Amalan Bersedekah

Amalan bersedekah kepada kaum yang membutuhkan. Bersedekah pada hari Jumat disebut menjadi amalan luar biasa daripada dikerjakan di waktu lain.

"Sedekah pada hari itu dibandingkan dengan sedekah pada enam hari lainnya laksana sedekah pada bulan Ramadhan dibanding bulan-bulan lainnya. Dan sedekah pada hari itu lebih mulia dibanding hari-hari selainnya." (Mauquf Shahih).

3. Amalan Mandi Jumat & Membersihkan Lingkungan

Siapa saja umat Islam yang berniat mandi dan membersihkan diri serta lingkungan pada hari Jumat.  Jika melaksanakan maka akan mendapatkan pahala yang berlimpah. 

BACA JUGA:Empat Strategi Pemerintah Menghadapi Tren Ekonomi Dunia, Sri Mulyani Beberkan Fokus Kebijakan Ekonomi 2023

Adapun hadistnya yakni sebagai berikut: "Barang siapa membasuh pakaian dan kepalanya, mandi, bergegas Jumatan, menemui awal khutbah, berjalan dan tidak menaiki kendaraan, dekat dengan Imam, mendengarkan khutbah dan tidak bermain-main, maka setiap langkahnya mendapat pahala berpuasa dan shalat selama satu tahun." (HR. Al-Tirmidzi dan al-Hakim).

Terdapat pahala berlimpah bagi siapa saja yang mau mengerjakan kebaikan.  Selain ibadah wajib, umat Islam juga dapat menunaikan beberapa amalan yang disunnahkan hari Jumat. 

Beberapa yang membuat hari jumat menjadi lebih istimewa adalah:  

1. Nabi Adam Diciptakan Hari Jumat

Nabi Adam diciptakan Allah SWT pada hari Jumat. Rasulullah SAW menyebut, Nabi sekaligus manusia pertama tersebut diciptakan Allah SWT pada hari Jumat dengan penuh kemuliaan. 

BACA JUGA:Sukses Tekan Angka Kemiskinan, Ini Program Pro Rakyat Pemkab OKU Timur

"Hari terbaik di mana matahari terbit di dalamnya ialah hari Jumat. Pada hari itu Adam Alaihissalam diciptakan, dimasukkan ke surga, dikeluarkan daripadanya dan kiamat tidak terjadi kecuali di hari Jumat." (H.R Muslim).

Sumber: