Sukses Tekan Angka Kemiskinan, Ini Program Pro Rakyat Pemkab OKU Timur

Sukses Tekan Angka Kemiskinan, Ini Program Pro Rakyat Pemkab OKU Timur

Gubernur Sumsel Herman Deru dan Bupati OKU Timur Lanosin saat perayaan HUT Kabupaten OKU Timur ke-19.-edward ferdinand/radar palembang-

MARTAPURA, RADARPALEMBANG.COM  - Kabupaten OKU Timur sukses menekan angka kemiskinan menjadi yang terendah di Provinsi Sumsel. Program pro rakyat menjadi kunci keberhasilan tersebut.

Peringatan HUT Kabupaten OKU Timur ke-19, menjadi refleksi dan introspeksi agar lebih baik di masa depan.

Hal ini diungkapkan Bupati OKU Timur H Lanosin saat Rapat Paripurna dalam Rangka Peringatan Hari Jadi Kabupaten OKU Timur ke-19 tahun 2023, Kamis, 19 Januari 2023 yang dihadiri Gubernur Sumsel H Herman Deru.

Berbagai Program pro rakyat di tahun 2022 sudah dilakukan, mulai dari pemerataan infrastruktur jalan dan jembatan, pembangunan jaringan gas untuk rumah tangga, hingga peningkatan jaringan air bersih dan jaringan listrik.

BACA JUGA:Kejutan Mendagri Tito untuk HUT OKU Timur

"Lalu peningkatan kualitas SDM dan kemudahan akses pelayanan kesehatan, peningkatan mutu pendidikan, pemerataan sarana prasarana pendidikan dan peningkatan literasi masyarakat. pelatihan pembinaan ekonomi produktif dan pemberian kemudahan izin berusaha kepada UMKM dan pelaku usaha," jelas Bupati.

Selain itu, lanjut Bupati, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) OKU Timur, di tahun 2022 kemiskinan OKU Timur menjadi yang terendah untuk kabupaten se-Sumsel dengan angka 10,05 persen.

Ia memaparkan, angka kemiskinan OKU Timur hampir menembus 1 digit. Kemudian IPM peringkat ke peringkat 5,  di 70,23 persen tertinggi di Sumsel. Dan, untuk pengangguran terbuka OKU Timur berada di peringkat ke 4 se-Sumsel yang mencapai 4,79 persen.

BACA JUGA:Viral Lato-lato, Pemkab OKU Timur Gelar Lomba Ajak Ribuan Pelajar

Kemudian pertumbuhan ekonomi OKU Timur juga menjadi tertinggi kedua di Sumsel yang mencapai 4,66 persen, di atas angka pertumbuhan nasional.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru sangat mengapresiasi Kabupaten OKU Timur, yang saat ini merayakan HUT ke 19 tahun.

Selain bertabur prestasi, Bumi Sebiduk Sehaluan yang dipimpin Bupati H Lanosin ini juga sukses menekan angka kemiskinan, hingga menjadi kabupaten dengan tingkat terendah di Sumsel.

"Saya tidak menyangka estapet kepemimpinan di Bumi Sebiduk Sehaluan, dapat berjalan dengan baik, melalui berbagai bidang. Saya punya memori khusus dengan Kabupaten OKU Timur ini. Kita pernah menjadi kabupaten pemekaran terbaik saat itu dengan 59 penghargaan nasional termasuk bintang jasa. Tak ada alasan saat ini untuk bupati, tidak bisa membawa OKU Timur jauh lebih baik lagi," ujar Gubernur.

BACA JUGA:Bulog Bangun MRMP, Bupati OKU Timur Punya 3 'Syarat'

Masyarakat sangat merasakan kemeriahan rangkaian HUT OKU Timur ke-19 tahun. Selain pameran dan bazar produk UMKM yang digelar di 5 zona, juga ada berbagai lomba olahraga tradisional oleh Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten OKU Timur, serta hiburan rakyat yang menampilkan artis ibukota.(*)

Sumber: