Kakanwil Kemenkumham Sumsel Minta Kearifan Lokal Palembang Dipertahankan

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Minta Kearifan Lokal Palembang Dipertahankan

Kunjungan Kakanwil Kemenkumham Sumsel ke Kesultanan Palembang--doc radarpalembang.disway.id

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM atau Kakanwil Kemenkumham Sumatera Selatan, Dr Ilham Djaya, meminta kearifan lokal Kota Palembang terus dipertahankan.

Hal ini diungkapkan Kakanwil Kemenkumham Sumsel Dr Ilham Djaya saat menyambangi Kesultanan Palembang Darussalam dan bertemu langsung, Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin, Selasa 10 Januari 2023.

Kunjungan ini, menurut Dr Ilham Jaya, Kamis 12 Januari 2023, dalam rangka silahturahmi dan sebagai perkenalan Kakanwil Kemenkumham Sumsel yang baru.

Tak sendirian, Kakanwil Kemenkumham Sumsel mengajak juga Kepala Divisi Keimigrasian, Kepala Divisi Pemasyarakatan, dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM.

BACA JUGA:CPNS Kemenkumham 2023, Siap-siap Untuk Wilayah Sumsel, Simak Terus

Dalam kesempatan ini, Dr Ilham Jaya juga ingin mengetahui secara langsung sejarah mengenai Kota Palembang dari zaman Kerajaan Sriwijaya, Kerajaan Palembang sampai dengan Kesultanan Palembang.

Dan, memelihara dan menjaga kearifan lokal di tengah modernisasi dan budaya asing sangat penting sebagai indentitas diri, dimana ini merupakan harta warisan terutama generasi setelah ini yang tak ternilai harganya.

Kesultanan Palembang merupakan bagian dari tradisi dan kearifan lokal yang harus dilestarikan, yang menjaga adat dan tradisi merupakan hal penting untuk dilakukan karena Indonesia merupakan negara besar.

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya juga menyampaikan harapannya untuk dapat terus bersinergi dan berkolaborasi Kesultanan Palembang Darussalam dalam menjalankan Tugas dan Fungsi Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel.

BACA JUGA:Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ingatkan Jajaran, Pentingnya Koordinasi, Kolaborasi, dan Sinergi

Atas kunjungan tersebut, Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin berterima kasih kepada Kakanwil Ilham atas silaturahminya.

“Saya ucapkan selamat datang di Provinsi Sumsel kepada Bapak Ilham Djaya selaku Kakanwil Kemenkumham Sumsel yang baru. Semoga ini menjadi awal yang bagus dalam mensinergikan antara Kemenkumham Sumsel dengan kesultanan Palembang darussalam,” ujar dia.

Sumber: