6 Fakta Menarik Danau Toba, Kini Uji Coba Kawasan 5G

6 Fakta Menarik Danau Toba, Kini Uji Coba Kawasan 5G

Deretan Lokasi Wisata di Danau Toba--doc radarpalembang.disway.id

6.       Geopark Diakui UNESCO

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Kemenparekraf menetapkan Danau Toba sebagai Destinasi Super Prioritas Indonesia dan destinasi wisata di Sumatera Utara ini juga termasuk Geopark Indonesia yang mendapat pengakuan dari UNESCO. 

Geopark adalah sebuah singkatan dari geological park atau taman bumi yang mencakup kekayaan geologi (geodiversity), biologi (biodiversity), dan kebudayaan (cultural diversity dan penetapan Danau Toba sebagai salah satu UNESCO Global Geoparks dilakukan pada 2 Juli 2020.

BACA JUGA:Ditunda Pengembangan Kawasan Wisata Pulau Kemaro Terkendala Tumpang Tindih Lahan

Dari kelima fakta menarik yang dirangkum Radar Palembang.Com dari berbagai sumber, rasanya sangat layak Danau Toba untuk terus dipromosikan dan dikembangkan salah satu destinasi wisata lokal mendunia.

Telkomsel penyelenggara layanan 5G pertama di Indonesia, bekerjasama dengan Ericsson (NASDAQ, ERIC) dan Qualcomm melakukan uji coba layanan Akses Nirkabel Tetap atau Fixed Wireless Access (FWA) menggunakan teknologi extended-range 5G dengan bandwidth 800 MHz pada frekuensi millimeter-wave (mmWave) 26 GHz yang diizinkan sementara penggunaannya untuk uji coba oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Berdasarkan hasil pengujian, kecepatan download masih bisa mencapai peak throughput 1 Gbps meskipun jaraknya sudah mencapai 7,9 Kilometer di kawasan Danau Toba, Provinsi Sumatera Utara.

Hasil tersebut menunjukkan extended-range 5G millimeter-wave di frekuensi 26 GHz dapat menjadi salah satu solusi yang bermanfaat untuk layanan FWA dalam mendukung pengembangan beragam solusi digital.

BACA JUGA:Trafik Broadband Telkomsel Naik 11,6 Persen Didukung Browsing Melonjak 79,8 Persen

Kawasan Danau Toba sendiri merupakan salah satu dari titik Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) dengan layanan 5G yang telah ditunjuk oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Direktur Planning and Transformation Telkomsel, Wong Soon Nam, Rabu 11 Januari 2023 mengatakan Telkomsel sebagai digital enabler terdepan di Indonesia, yang memiliki cakupan konektivitas digital terluas secara nasional, terus berupaya dalam membuka lebih banyak peluang kemajuan ekonomi nasional.

Kini, bersama mitra penyedia infrastruktur dan teknologi, kata dia, kami, Ericsson dan Qualcomm, Telkomsel secara konsisten terus berkolaborasi untuk tetap relevan dalam setiap penerapan teknologi jaringan terbaru, yang salah satunya melalui uji coba penerapan teknologi jaringan 5G mmWave di kawasan Danau Toba.

Head of Ericsson Indonesia, Jerry Soper menjelaskan Ericsson dengan senang hati dapat mendemonstrasikan teknologi 5G baru di Indonesia bersama Telkomsel, di mana kami telah mendukung Telkomsel sejak uji coba 5G pertama di Indonesia pada tahun 2017.

BACA JUGA:Bebas Blankspot Telkomsel Bangun Jaringan 4G di 23 Desa di Muba

Sumber: