6 Fakta Menarik Danau Toba, Kini Uji Coba Kawasan 5G

6 Fakta Menarik Danau Toba, Kini Uji Coba Kawasan 5G

Deretan Lokasi Wisata di Danau Toba--doc radarpalembang.disway.id

3.       Pulau di Dalam Danau

Hebatnya Danau toba, ternyata di danau tersebut banyak terdapat pulau, tak hanya satu atau dua pulau tapi ada 8 pulau dengan empat diantaranya masuk kategori pulau terbesar.

Inilah deretan pulau di Danau Toba, Pulau Samosir, Pulau Sibandang, Pulau Tao atau Malau, Pulau Simamora di Kabupaten Humbahas, Pulau Tulas di Kabupaten Samosir, Pulau Tolping di Simanindo, Pulau Sirukkongon, Pulau Sitakke-takke.

4.       Pulau Sebesar Singapura

Ada fakta menarik dari Danau Toba, ternyata di tengah danau tersebut ada sebuah pulau yang masyarakat menamainya denan Samosir dimana ukurannya nyaris menyamai sebuah negara, yakni Singapura.

BACA JUGA:Menparekraf: Palembang jadi Pusat Pariwisata dan Olahraga Nasional

Dilansir dari laman indonesia.go.id, Pulau Samosir sekitar 63.000 hektare atau kurang lebih 640 kilometer persegi, sedangkan, Singapura memiliki luas kurang lebih 72.150 hektare.

Fakta lain mengenai Pulau Samosir, sebelumya masuk wilayah Kabupaten Toba-Samosir, namun dimekarkan sehingga menjadi wilayah otonom tersendiri, yaitu Kabupaten Samosir dengan 9 kecamatan dan 6 diantaranya berdomosili di pulau tersebut.

5.       Danau di Dalam Danau

Masih berhubungan dengan Pulau Samosir, sebuah pulau yang terletak di tengah Danau Toba, di Pulau Samosir ternyata ada sebuah danau, tak hanya satu tapi ada dua lokasi yakni Danau Sidihoni dan Aek Natonang.

BACA JUGA:CSR PTBA Sulap Tepian Lematang Jadi Wisata Alam Dan Masjid Semakin Makmur

Sehingga, kalau wisatawan sudah berkunjung ke Danau Toba, rasanya akan kurang lengkap kalau tak sekalian berkunjung di Pulau Samosir, ditengah Danau Toba yang didalamnya ada 2 danau juga.

Sumber: