12 Tips Saat Membeli Laptop Baru

12 Tips Saat Membeli Laptop Baru

12 Tips Saat Membeli Laptop Baru--palpres.disway.id

5. Kapasitas Baterai

Jika Anda membeli laptop untuk kebutuhan bermain game dan laptop anda selalu berda di rumah dan dekat dengan colokan listrik anda tidak perlu mengkhawatirkan kapsitas baterai.

Namun, untuk anda yang menggunakan laptop secara berpindah-pindah, maka anda memerlukan laptop yangmemiliki daya tahan baterai diatas 7 jam.

Untuk mengetahui daya tahan baterai, anda cukup melihat peringkat peringkat baterai dalam Watt-hours (Wh) atau milliamp-hours (mAh), semakin tinggi angka ini, semakin lama baterai akan bertahan.

Hal penting lainnya yang harus dicari di sini adalah pengisian baterai yang cepat. Sama seperti smartphone, banyak laptop baru juga mendukung pengisian baterai cepat, yang selalu bagus dalam keadaan darurat.

6. Periksa Spesifikasi Webcam

Di era digital saat ini penting jika laptop anda memiliki webcam, karena di masa seperti sekarang ini yang membutuhkan kehadiran secara virtual, mulai dari kegiatan belajar mengajar hingga rapat kantor.

Namun Jika anda memilih laptop tanpa kamera, anda bisa membeli webcam yang dijual terpisah.

Rata-rata webcam di laptop saat ini masih memiliki kualitas 720p, terutama pada laptop dengan harga lebih murah.

Tetapi bila anda yang sering menggunakan laptop untuk virtual meeting, mungkin lebih nyaman jika anda memilih laptop dengan dengan kamera 1080p.

7. Perhatikan kualitas keyboard dan touchpad

Jika Anda berencana melakukan banyak pekerjaan dan perlu melakukannya dengan cepat, pastikan keyboard menawarkan umpan balik taktil yang solid, pergerakan tombol, dan ruang yang cukup untuk Anda. Jika Anda membeli laptop Windows, pastikan laptop tersebut memiliki driver touchpad yang presisi.

Untuk sesi mengetik yang lama, pastikan keyboard juga memiliki lampu latar. Pada nilai nominal, ini mungkin terlihat sangat detail tetapi tombol dengan lampu latar membuatnya lebih mudah untuk melihat apa yang Anda ketikkan terutama di lingkungan yang kurang cahaya.

8. Periksa Jumlah Port

Port adalah tempat berbagai cara mencolokkan sesuatu ke laptop Anda, seperti perangkat USB, atau mengisi daya.

Jenis port pada laptop itu penting, sebab memungkinkan anda untuk menyambungkan hard drive eksternal atau drive SSD dan mencadangkan data atau menggunakan mouse dan keyboard.

Minimal ada satu USB-C, satu USB-A, dan jack mikrofon/headset.

Saat ini, jika laptop Anda hanya memiliki satu port USB 3.0, Anda mungkin harus mempertimbangkan untuk membeli laptop dengan lebih banyak port. Idealnya, laptop harus memiliki setidaknya beberapa port USB 3.0 ini.

Karena transfer data melalui USB 3.0 membutuhkan waktu yang jauh lebih sedikit ketimbang USB 2.0.

9. Periksa Spesifikasi Layar

Beberapa merek laptop saat ini sudah mengusung fungsi layar sentu, hal ini tentunya mempermuda saat kita melakukan pekerjaan.

Sayangnya, memilih layar sentuh terkadang dapat menambahkan layar yang lebih berkilau dan seringkali sedikit lebih rentan terhadap silau, percikan air, dan bahkan debu.

Keakuratan warna yang lebih baik dan dukungan untuk gamut warna yang lebih luas dan standar HDR juga merupakan hal mendasar. Hal utama yang Anda cari di sini adalah akurasi warna Delta E <1 dan cakupan 100% gamut warna DCI-P3.

10. Pilih Ukuran dan Bentuk

Ukuran laptop haruslah sesuai dengan kebutuhan anda, sebab berbeda halnya dengan RAM atau ROM laptop yang bisa anda upgrade untuk ukuran dan bentuk laptop tidak bisa dirubah jadi pilihlah sesuai kebutuhan anda..

Ukuran laptop cenderung mulai dari 11 inci hingga 17 inci. Sebagian besar merek ternama, seperti HP, Dell, ASUS, dan Acer cenderung menawarkan ukuran layar mulai dari 13 inci hingga 17 inci.

Sumber: