Dukung Anies Elektabilitas Nasdem Bakal Naik Atau Tidak

Dukung Anies Elektabilitas Nasdem Bakal Naik Atau Tidak

Direktur eksekutif Lembaga Kajian Publik Independen (LKPI), Arianto, M.I.Kom.Pol--

PALEMBANG, RADAR PALEMBANG - Dukungan partai Nasdem kepada Gubernur DKI Anies Rasyid Baswedan untuk bertarung pada pilpres tahun 2024 mendatang merupakan ajang pembuktian bagi partai Nasdem, apakah ada efeknya terhadap elektabilitas partai besutan Surya Paloh tersebut atau tidak. 

Direktur eksekutif Lembaga Kajian Publik Independen (LKPI), Arianto, M.I.Kom.Pol mengatakan, efek elektoral yang diharapkan partai yang pertama kali menyatakan dukungan terhadap salah satu capres itu bisa positif atau bahkan negatif kedepan. 

"Ujian elektoral akan dimulai sesungguhnya terhadap partai Nasdem. Dengan elektabilitas Anies yang  berada di angka kisaran 22 % -26 %  secara nasional berdasarkan survei nasional yang LKPI lakukan, apakah berdampak baik adanya limpahan elektabilitas Anies tersebut ke Nasdem,"kata Arianto, Selasa, 4 Oktober 2022.

Dilanjutkan Arianto bahkan, apakah nantinya sebaliknya, elektabilitas Nasdem akan stagnan atau malah akan merosot. 

BACA JUGA:Perdana, Renny Astuti Silaturahmi dengan Pengurus Nasdem Sumsel

"Ini merupakan ajang pembuktian  tarikan elektoral bagi Nasdem dengan mengusung Anies Baswedan yang saat ini menempati tiga besar nama Capres berdasarkan hasil survei,"terang mantan peneliti Lembaga Survei Indonesia (LSI) ini.

Ia mengungkapkan, efek ekor jas terhadap Nasdem terhadap elektabilitas dari Anies Baswedan berdasarkan pengalaman survei memang  adanya potensi untuk menambah elektabilitas Nasdem.

Dilihat dari perilaku pemilih dan irisan pendukung Anies, faktor pemilih yang  mengalami kekecewaan terhadap pemerintah dan  pendukung salah satu capres dan cawapres yang beralih mendukung pemerintahan saat ini tentunya akan berpotensi besar mengalihkan dukungannya terhadap Nasdem.

 Anies yang di kenal santun, intelektual dan visioner akan berdampak besar dengan partai nasdem yang mempunyai jargon gerakan  restorasi dan perubahan ini. 

BACA JUGA:Nasdem Fokus Pileg 2024

Di tambah lagi para elit, kader, sayap dan semua simpatisan Nasdem sudah tidak ragu lagi bergerak karena Anies sudah resmi diperjuangkan untuk disosialisasikan ke masyarakat  sebagai capres pilihan Nasdem.

"Ada beberapa parameter yang bisa dipakai dalam melihat potensi Nasdem akan mendapatkan insentif elektoral dari Nasdem.

Namun demikian, yang pasti, elektabilitas Anies yang tetap konsisten di atas angka dua digit tersebut tentunya diharapkan terdongkraknya juga elektabilitas Nasdem,"tegasnya. 

Momentum yang digunakan Nasdem sangat tepat dan Nasdem memanfaatkan  situasi ini yang partai lain belum ada Capres resminya. Anies dipilih karena figurnya  dan dia bukanlah kader parpol manapun. 

Sumber: