Peserta FORNAS VI Terbanyak dan Juara Umum, Pemprov Sumsel Terima Rekor Muri

Peserta FORNAS VI Terbanyak dan Juara Umum, Pemprov Sumsel Terima Rekor Muri

RADAR PALEMBANG – Pemprov Sumsel terima rekor MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia) atas peserta terbanyak FORNAS sejak mulai dilaksanakan hingga 2022.

Pemecahnya Rekor  Muri itu, setelah Sumsel mampu mendatangkan penggiat olahraga di FORNAS VI sebanyak 11.432. Piagam rekor Muri tersebut diterima langsung Gubernur Sumsel H Herman Deru.

Pemprov Sumsel Rekor Muri, selain karena peserta FORNAS terbanyak, juga sebagai  provinsi pertama yang mengadakan Fornas tujuh hari berturut-turut tanpa jeda selama sepekan.

Fornas VI yang digelar di Kota Palembang dan Kabupaten Ogan Ilir pada 1-7 Juli, membawa rekor baru.

BACA JUGA:Pemprov Awasi Aktivitas ACT di Sumsel , Tak Boleh Lagi Kumpulkan Uang dari Masyarakat

Selain, Fornas VI Sumsel mempunyai 64 Induk Olahraga (Inorga). Dimana terbagi 55 Inorga dan 9 eksebisi dengan total keseluruhan 712 nomor lomba.

Gubernur Sumsel H Herman Deru dalam sambutannya mengungkapkan, Rekor Muri yang didapat ini merupakan hasil kerjasama dari semua pihak yang terlibat.

"Ini merupakan anugerah dan hasil kerja keras yang kita peroleh bersama," ungkap Deru.

Lanjutnya, Deru mengucapkan terima kasih kepada pihak panitia dan Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI), Hayono Isman yang telah mempercayakan Sumsel sebagai tuan rumah.

"Kepada semua pihak yang terlibat saya ucapkan terima kasih, terutama pihak yang mendukung dari awal hingga akhir Fornas ini," tukasnya.

BACA JUGA: G20 EMPOWER Presidensi Indonesia, Microsoft Kolaborasi Tingkatkan Partisipasi Perempuan

Melesatnya anak panah yang diarahkan Gubernur Herman Deru triplek sasaran menandai berakhirnya Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (FORNAS) VI pada 1-7 Juli 2022

Seketika terdengar dentuman dan kilauan cahaya dari petasan menghiasi langit Venue Dayung Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Kamis malam. (7/7)

Gubernur Sumsel H Herman Deru mengajak semua kalangan yang terlibat pada Fornas VI untuk tidak cepat puas dalam menyelenggarakan event besar seperti ini.

Karena menurut Deru masih ada event besar lainnya yanh harus Sumsel sambut dengan lebih meriah.

"Hari ini resmi saya tutup Fornas VI. Namun, jangan cepat puas dengan apa yang dicapai ya, " kata Deru.

BACA JUGA:Pemilu 2024, Golkar Bidik Menang Besar, Bobby Evaluasi Kepengurusan Partai di Sumsel

Terlebih lanjut Deru, sebagai tuan rumah hendaknya dapat membuat cerita yang tidak mudah dilupakan. "Harapan kita tentunya, Fornas VI ini dapat menjadi contoh bagi penyelenggara selanjutnya," imbuhnya.

Sementara diketahui, Fornas VI, Sumsel menjadi juara umum dengan perolehan medali 129 emas, 152 perak, 178 perunggu, dengan total medali 459.

Disusul kontingen Jawa barat, 82 emas, 83 perak, 90 perunggu, total medali 255.

Selanjutnya, Jawa Timur 82 emas, 68 perak, 55 perunggu, total medali 205.

Lalu, DKI Jakarta 64 emas, 46 perak, 58 perunggu, total 168. Kemudian, Lampung, 43 emas, 28 perak, 37 perunggu, total medali 108.

Sementara dua provinsi berada di peringkat terakhir yakni, Maluku, 0 emas, 1 perak, 1 perunggu total 2 medali. Kemudian, Maluku Utara, 0 emas, 0 perak, 0 perunggu, total medali 0.

Diketahui, Fornas selanjutnya akan diadakan di Jawa Barat pada 2023 mendatang. (edy)

 

Sumber: sumeks.disway.id