Elektabilitas Capres di Sumatra, Survei Charta Politika: Ganjar, Anies dan Prabowo Menguasai

Elektabilitas Capres di Sumatra, Survei  Charta Politika:  Ganjar, Anies dan Prabowo  Menguasai

RADAR PALEMBANG – Tiga nama –Ganjar Pranomo, Anies Baswedan dan Prabowo Subianto – menguasai elektabilitas Capres di Sumatera.

Hal itu terekam dalam hasil survey Charta Politika yang disampaikan Direktur Eksekutif Yunarto, Rabu 6 Juli 2022.

Survei Charta Politika berlangsung pada 2-7 Juni 2022. Para responden diberi beberapa pertanyaan di antaranya.

Elektabilitas capres di Sumatra menempatkan Ganjar Pranowo unggul di sejumlah Pravinsi. Dia mendapatkan suara tertinggi di Lampung dan Sumatera Utara (Sumut) dalam survei calon presiden 2024.

Elektabilitas Ganjar mendapat angka 32,3 persen di Lampung disusul Prabowo Subianto dan Anies Baswedan berada di bawahnya

BACA JUGA:Airlangga Hartarto Ungguli Prabowo dan Puan di Kantong Suara Pemilih Komunitas Digital

“Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto bersaing ketat sebagai pilihan pertama dan kedua teratas,” terang Yunarto. 

Simulasi dalam survei yang dilakukan Charta Politika kali ini menyuguhkan 10 nama.   “Jika pemilihan presiden diadakan sekarang, siapa yang akan dipilih sebagai Presiden?”.

Di Sumut, Ganjar meraih 24,6 persen. Menariknya Wali Kota Medan Bobby Nasution sebagai kepala daerah dengan perolehan 29 persen.

Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Prabowo Subianto mendapatkan elektabilitas tertinggi.

BACA JUGA:Dana SiLPA APBD Sumsel 2021 Capai Rp 17 Miliar Lebih

“Sedangkan elektabilitas Bobby Nasution sedikit di atas Edy Rahmayadi sebagai Kepala Daerah Sumatera Utara,” terang Yunarto.

Berbeda dengan di Lampung dan Sumut, elektabilitas Prabowo unggul di Sumatera Selatan (Sumsel) dengan angka 41,9 persen.

“Prabowo teratas di Sumsel, kemudian masuk Anies di posisi kedua, dan Ganjar di urutan ketiga,” terang pria berkacamata ini.

Seperti kita ketahui berbagai lembaga survei menempatkan Prabowo, Ganjar, dan Anies sebagai pemilik elektabilitas tertinggi.

Deklarasi Ganjar di Sumsel

Sementara itu, sebelumnya Direktur Eksekutif Lembaga kajian Publik Independen ( LKPI ) Arianto M. Ikom. Pol, mengungkapkan, elektabilitas Ganjar Pranowo akan meningkat tajam di Sumsel.

Alasannya, saat ini  para relawan Ganjar sedang gencar melakukan deklarasi Capres Ganjar Pranowo di sejumlah kabupaten/kota.

BACA JUGA:Ekonomi Indonesia Tetap Kokoh Pada 2022, Ini Analisis R&I Tentang Prospeknya

 ‘’Dengan banyaknya deklarasi Ganjar sebagai capres, maka elektabilitasnya di Sumsel akan melejet dan berada di papan atas untuk beberapa bulan ke depan,’’ujar Arianto M  kepada kata awak media, Sabtu (2/7).

Menurutnya, pada prinsipnya setiap deklarasi akan meningkatkan elektabilitas calon yang diusung. Tim sukses dari capres itu akan membentuk banyak sayap-sayap lalu digerakkan secara bersamaan.

Di Sumsel beberapa sayap  tim sukses gajar yang melakukan deklarasi adalah: Pertama,  relawan Mak Ganjar dan Ganjar Milenial. Kedua, Asosiasi Kiai dan Pengasuh Majelis Dzikir-Tahfidzul Qur’an se kota Palembang .

‘’Mereka masif  deklarasi di sejumlah daerah di Sumsel . Baru-baru ini,  ada Petani Tebu Rakyat di Kabupaten Ogan Ilir yang melakukan deklarasi dukung Ganjar untuk Presiden 2024,"tambahnya

 

Sumber: disway.id