Sejarah Evolusi Kosmetik dan Makeup di Dunia, Ternyata Sudah Dimulai Sejak Zaman Mesir Kuno

Senin 18-12-2023,04:29 WIB
Reporter : Yorika Izati
Editor : Maulana Muhammad

Orang Mesir Kuno juga menggunakan minyak sebagai basis makeup. Minyak inidibuat dengan  campuran bedak dan pigmen warna untuk mendapatkan tekstur yang menyatu pada kulit. 

Untuk Minyak wangi mereka akan menggunakan nilam dan lavender untuk dan mereka juga akan menyatukannya dengan make up agar lebih wangi ketika digunakan.

BACA JUGA:Terlengkap, 13 Daftar Nama Produk Kecantikan Terafiliasi Israel, Cek Apakah Kamu Pakai

Pada bagian bibir masyarakat mesir kuno saat itu sering menghiasnya dengan pewarna merah yang berasal dari biji tanaman tertentu dan mereka juga akan menambahkan aroma minyak wangi ke dalam pewarna bibir tersebut.

Meskipun tidak memiliki teknologi modern, orang Mesir Kuno cukup terampil dalam menggunakan bahan alami dan herbal untuk membuat produk kosmetik mereka. 

Dimana mereka akan memanfaatkan sumber daya alam di sekitarnya untuk menghasilkan produk kecantikan.

2. Romawi dan Yunani Kuno

Sama seperti Mesir, masyarakat Romawi dan Yunani kuno juga menggunakan kosmetik, termasuk bedak dan pigmen warna untuk wajah. 

BACA JUGA:10 Rekomendasi Klinik Kecantikan Terkenal di Palembang, Bisa Jadi Pilihan Kamu

Perkembangan makeup di Romawi dan Yunani Kuno mencerminkan kecantikan, mode, dan norma sosial yang berlaku pada masa itu. 

Bedak merupakan produk utama dalam makeup ketika masa Romawi dan bedak ini tak hanya digunakan oleh wanita saja namun juga digunakan oleh pria  sebagai dasar riasan untuk mencerahkan kulit wajah.

Saat itu pewarna pipi dan bibir menjadi sangat popular yang berasal dari bunga dan buah untuk memberikan warna pada pipi dan bibir.

Kemudian Cat mata juga menjadi tren pada masa Romawi Kuno yang biasanya terbuat dari bahan seperti batu malachite yang dihaluskan.

Orang-orang pada masa Romawi Kuno juga terobsesi dengan Pemutih kulit yang dibuat dari bahan-bahan alami seperti gandum dan tepung beras.

BACA JUGA:5 Korea Idol yang Miliki Paras Bak Bidadari, Nomor 4 Jadi Standar Kecantikan di Korea Selatan

Mereka juga sangat senang menggunakan minyak wangi untuk memberikan aroma yang menyenangkan pada tubuh. 

Kategori :