Perhatikan 5 Poin Penting Ini Ketika Ingin Mulai Bisnis, Dijamin Anda Tak Akan Rugi

Selasa 05-12-2023,05:00 WIB
Reporter : Yorika Izati
Editor : Maulana Muhammad

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Berikut merupakan poin-poin penting yang perlu untuk diprhatikan sebelum memulai bisnis agar tidak mengalami kerugian ketika sudah memulai bisnis.

Untuk yang ingin memulai usaha atau sebuah bisnis harus melihat beberapa poin-poin penting yang perlu untk dicermati sebelum menentukan memulai bisnis.

Tahapan poin-poin ini sangat penting  tetapi jarang ditekuni oleh para pemula bisnis dimana pada akhirnya akan menjadi modal nekat saja, sudah banyak mengeluarkan modal ternyata penjualannya tidak seberapa dan mengalami kerugian dimana akhirnya malas untuk membuat bisnis atau suatu usaha lagi.

Terdapat poin-poin penting yang harus dicermati dan dipelajari dahulu sebelum memulai bisnis, karena kesuksesan bisnis dipengaruhi oleh banyak faktor mulai dari faktor model, timing, eksekusi yang rapi, lokasi yang strategis hingga faktor keberuntungan dan koneksi.

BACA JUGA:Jangan Dibuang, 5 Kulit Buah Ini Bisa Jadi Ide Bisnis Menjanjikan Jika Diolah, Dijamin Pasti Cuan

Berikut merupakan poin-poin penting yang perlu untuk diprhatikan sebelum memulai bisnis:

1. Jumlah Pesaing

Sebelum benar-benar ingin memulai suatu bisnis maka lihat dulu jumlah pesaing di industri bisnis yang akan dibuka.

Banyak dari pebisnis membuka suatu usaha yang lagi naik daun tetapi  tidak bertahan lama karena kalah saing dengan pesaing lain.

Dimana sebelum memulai suatu bisnis harus melihat dulu pesaing lain dibisnis sama yang akan di buka, jika pesaing tersebut pesannya sudah sangat banyak dan ramai pembeli maka ruang gerak kamu sebagai pebisnis akan sangat sempit.

Hal ini dikarenakan industri yang pesaingnya sudah banyak pelanggan cenderung akan perang harga dan juga mereka akan berusaha untuk banting harga lebih murah.

BACA JUGA:Catat! 5 Tahapan Memulai Bisnis Agar Lebih Cuan, Sangat Berguna Untuk yang Baru Merintis

Jika mereka sudah perang harga akan sulit untuk ditembus oleh pemain baru atau pebisnis baru, namun sebaliknya jika  sebelum memulai bisnis dan melihat jumlah pesaing masih sedikit maka hal tersebut akan menjadi peluang yang besar untuk memulai bisnis tersebut.

Jika bisnis yang akan dijalankan belum memiliki pesaing yang banyak maka ketika membuka bisnis tersebut potensi untuk berkembang juga akan tinggi, dan tentunya tidak perang harga.

2. Ancaman pendatang 

Kategori :