Heboh Wabah Pneumonia, Menkes Budi Gunadi: Ini Bukan Virus Baru di China

Minggu 03-12-2023,15:28 WIB
Reporter : Yorika Izati
Editor : Maulana Muhammad

Tak hanya itu wabah ini banyak sekali merenggut korban jiwa karena ada beberapa virus yang menyerang paru-paru manusia dengan bahaya dan efek yang berbeda pula.

BACA JUGA:Tanpa Obat Penenag, Ini 3 Cara Obati Anxiety atau Depresi, Tak Ada Efek Samping, Dijamin Efektif

Pada tahun 2021 covid sangat meningkat diseluruh penjuru dunia termasuk Indonesia, pada tahun ini merupakan tahun terburuk selama berkembangnya virus covid019.

Hingga saat ini masih tercatat beberapa kasus yang terkena virus covid-19 namun saat ini pemerintah sudah mulai menemukan solusi pengobatannya dan juga tahun 2021 hingga 2022 pemerintah sangat gencar melakukan vaksin terhadap masyarakat Indonesia.

Dampak dari covid ini hingga sekarang masih terus dirasakan oleh masyarakat Indonesia terutama pada bidang perekonomian, banyak dari beberapa negara dan juga Indonesia berusaha untuk bangkit dari keterpurukan dibidang perekonomian.

BACA JUGA:7 Komplikasi Serius dari Asam Lambung yang Tidak Diobati, Jangan Anggap Sepele

2. Flu hongkong

Flu yang pertama kali menyebar pada tahun 1968 hingga tahun 1970 di Hongkong, dimana virus ini juga menyerang beberapa negara seperti Amerika Serikat, Singapura, Vietnam, India, Filipina, australia, dan juga Eropa.

Virus ini pada saat itu juga menyebabkan kematian jutaan jiwa dengan gejala yang mirip seperti influenza yaitu demam, mengigil, dan nyerio otot. Dimana gejala ini bertahan selama kurang lebih 1 minggu ditubuh manusia.

3. Flua asia 

Virus ini berasal dari  wabah pandemi influenza A subtipe H2N2 yang terjadi pata tahun 1956 hingga tahun 1958 di China.

Wabah ini juga menyerang beberapa negara lainnya seperti Hongkong, Singapura, dan Amerika Serikat. Dan masih sama wabah ini menyebabkan kematian hingga jutaan jiwa.

Itulah mengapa untuk virus baru pneumonia ini WHO lebih hati-hati dan meminta informasi lebih lanjut dari China agar tidak terjadinya wabah yang menyebar diseluruh dunia dan menyebabkan kemarian seperti yang telah terjadi sebelum-sebelumnya.

Karena WHO pun percaya bahwa ini bukanlah virus baru malainkan virus yang telah lama ada di China dan hidup kembali.

 

 

Kategori :