Awal 2024 Tesla Kembali Jadi Raja Mobil Listrik Dunia, Sempat Digeser BYD Pada Akhir 2023

Awal 2024 Tesla Kembali Jadi Raja Mobil Listrik Dunia, Sempat Digeser BYD Pada Akhir 2023

Awal 2024 Tesla Kembali Jadi Raja Mobil Listrik Dunia--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Tiga bulan pertama tahun 2024 Pabrikan mobil listrik asal Amerika Serikat Tesla kembali jadi raja mobil listrik dunia.

Di kuartal pertama 2024 akhirnya Tesla berhasil menggeser pabrikan mobil listrik asal China BYD yang menuai sukses besar di akhir tahun 2023 lalu.

Hal tersebut terjadi karena adanya penuruan penjualan secara drastis yang dialami oleh BYD pada triwulan pertama 2024 yakni hingga 43 persen.

Tercatat hingga akhir maret 2024 penjualan mobil listrik BYD hanya sebesar 300.114 unit turun jauh jika dibandingkan dengan akhir 2023 lalu yang mencapai 526.409 unit.

BACA JUGA:Kejutkan Publik, BYD Hadirkan MPV Mirip Alphard di IIMS 2024, Kapan Masuk ke Indonesia?

Meski begitu angka penjualan mobil listrik BYD di awal tahun ini mengalami kenaikan 13 persen jika di bandingkan dengan awal tahun lalu. 

Lantas berapa angka penjulan mobil listrik Tesla pada awal tahun ini hingga dapat menggeser posisi BYD sebagai raja mobil listrik dunia?

Tercatat penjulana mobil listrik pada periode Januari-Maret 2024 mencapai 386.810 unit meski begitu angka ini turun 8,5 persen jika dibandingkan dengan angka penjualan tahun lalu untuk periode yang sama.

Bahkan angka penjulan tersebut turun 20 persen dari angka penjualan pada akhir 2023 lalu.

Penurunan penjualan Tesa dan BYD disebutkan terjadi karena adanya penurunan permintaan mobil listrik di China. Bukan itu saja, pada beberapa negara di Eropa terjadi fenomena serupa.

BACA JUGA:3 Model Mobil Listrik BYD Ini Laris Manis Terjual 3 Juta Unit di Tahun 2023, Bakal Segera Masuk ke Indonesia

Di mana jumlah pembelian mobil listrik baru mengalami penurunan dan penjualan mobil bensin serta hybrid naik.

Beberapa pihak menyebut sukses BYD menjadi jawara penjualan mobil listrik tahun lalu sangat terbantu dengan strategi pemangkasan harga di pasar domestiknya.

Hingga kini perang harga masih terjadi di pasar China, di mana BYD hingga Tesla memberi potongan harga untuk kendaraan ramah lingkungan yang mereka jual.

Sumber: