Pemeliharaan Kilang Pertamina Plaju 2023 Dimulai, Lebih 9 Ribu Pekerja Dilibatkan

Jumat 27-10-2023,10:25 WIB
Reporter : David Karnain
Editor : David Karnain

"Pelaksanaan pekerjaan Major TA di RU III Plaju ini, kurang lebih akan memakan waktu hingga 40 hari kedepan,"jelas dia.

"Sehingga saya harap rekan-rekan sekalian dapat mengutamakan keselamatan kerja dan memegang teguh komitmen dalam mencapai target on time, on budget, on quality dan yang paling penting yaitu zero accident," kata Taufik.

Dukung Visi PT KPI Menjadi Perusahaan Kelas Dunia

Sejalan dengan Visi Perusahaan yaitu untuk menjadi World Class Refinery and Petrochemical Company, maka direksi dan manajemen menargetkan Kilang milik PT KPI dapat mencapai Top Quartile (Q1) di Tahun 2026, dengan target Operational Availability (OA) mencapai 96,7 persen.

 BACA JUGA:Inovasi Forum CIP Kilang Pertamina Plaju Ciptakan Value Creation Senilai Rp 283 Miliar

"Oleh karenanya di Tahun ini, selain dengan melaksanakan pemeliharaan atau overhaul, kami melaksanakan 2 TA besar yaitu TA Kilang Cilacap yang telah selesai dilaksanakan pada bulan Maret lalu, dan TA Kilang Plaju yang dilaksanakan bulan Oktober Tahun ini," kata Taufik.

Pelaksanaan TA ini, kata dia, membutuhkan kerja sama yang baik antar banyak pihak mulai dari Manajemen Kantor Pusat, manajemen RU III Plaju, Pekerja Pertamina, perusahaan kontraktor, serta dukungan dari para Stakeholder, termasuk Tim Migas ESDM. 

"Sehingga pelaksanaan Major TA dapat terlaksana secara lancar, aman dan tuntas,"imbuh Taufik.

Taufik menekankan kepada seluruh tenaga kerja agar mematuhi seluruh peraturan yang berkaitan dengan aspek keselamatan dan kesehatan kerja (K3), menerapkan HSSE Golden Rules (Patuh, Intervensi, Peduli), dan mematuhi aspek-aspek Corporate Life Saving Rules (CLSR) dalam bekerja.

BACA JUGA:Kilang Pertamina Plaju Selamatkan 17 Titik Lahan Terbakar, Bantu Pemadaman Karhutla di Sumsel

"Mari kita bersama-sama berkomitmen untuk memastikan pemahaman dan implementasi HSSE agar selalu dalam kondisi aman dan selamat di Major TA RU III Plaju Tahun 2023 ini,"kata dia.

Patuhi Budaya Keselamatan Migas

Direktur Migas Kementerian ESDM Dr. Mirza Mahendra berpesan agar seluruh tenaga kerja yang terlibat dalam Major TA ini senantiasa mematuhi budaya keselamatan migas.

Terutama pada empat aspek, yakni keselamatan pekerja, keselamatan instalasi dan peralatan, keselamatan lingkungan dan keselamatan umum.

BACA JUGA:MFO Low Sulphur, Bahan Bakar Kapal Ramah Lingkungan Kilang Pertamina Plaju Diakui Global

"Keselamatan pekerja adalah yang paling utama, apa yang kita lakukan jangan ada dampak terhadap lingkungan, dan apa yang kita lakukan tidak mengganggu masyarakat umum, sehingga kita jaga tetap kondusif," ujar Mirza.

Kategori :