Renovasi JIS Urusan Rumput atau Urusan Politik? Ini Faktanya

Rabu 05-07-2023,07:00 WIB
Reporter : Maulana Muhammad
Editor : Maulana Muhammad

Ia belum bisa memastikan apakah JIS akan dipakai untuk pertandingan Piala Dunia U-17. Dito bilang stadion itu masih dalam tahap pengecekan.

"Kalau untuk U-17, kita akan membahas selanjutnya, tetapi yang pasti target kita dari Bapak Presiden adalah 22 stadion di Indonesia ini bisa digunakan kapan pun," ujarnya.

Dari hasil peninjauan yang dilakukan Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menpora Dito Ariotedjo, dan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono pada Selasa, 4 Juli 2023.

Setidaknya ada beberapa yang menjadi catat penting untuk dibenahi seputar fasilitas yang ada di JIS antara lain soal akses jalan, parkir hingga rumput stadion.

BACA JUGA:Kembali Dapat Kesempatan, Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17, Resmi Ditunjuk Langsung Oleh FIFA

"Kondisi rumput sekarang menurut evaluasi ahlinya, yang juga mengevaluasi 22 stadion termasuk yang memasang rumput GBK untuk Asian Games, jelas tidak masuk dalam standar FIFA," kata Basuki.

Menurut Chairman Karya Rama Prima (KaerPe), Qamal Mustaqim yang merupakan ahli agronomi stadion mengatakan, solusi masalah itu adalah dengan mengganti rumput di JIS dengan rumput yang sudah jadi.

Qamal mengungkapkan, kesalahan penanaman sejak awal lah yang menjadi penyebab rumput tersebut tidak memenuhi standar FIFA. 

"Rumput jenisnya japonica, tapi ditanam di karpet sintetis, ini masalahnya. Medianya dangkal jadi akar tidak tembus ke bawah. Rumput itu makhluk hidup butuh sinar dan air.

Air tidak terpenuhi karena akarnya dangkal, matahari juga nggak cukup," kata Qamal.

Qamal mengatakan solusi tercepat mengatasi masalah tersebut adalah dengan memindahkan rumput dari lapangan yang sudah jadi, misal dari lapangan golf, seperti yang pernah dilakukan saat persiapan GBK.

Menurutnya, ini menjadi hal yang paling memungkin dilakukan dalam waktu tiga bulan sebelum Piala Dunia U-17 pada November 2023.

"Yang mungkin kalau bapak ibu mengikuti pekerjaan kami di GBK, Asian Games 2018 itu memindahkan lapangan dari golf, itu yang bisa dilakukan.

Kalau rusak kita harus ganti langsung secara soding namanya. Itu solusi paling dekat, karena hanya tiga bulan waktunya." ungkap Qamal.

 

 

Kategori :