Waspada Penumpukan Racun Dalam Tubuh, ini Gejala dan Cara Mengatasinya

Minggu 28-05-2023,07:58 WIB
Reporter : Maulana Muhammad
Editor : Maulana Muhammad

4. Konsumsi lebih banyak sayur dan buah

Mengkonsumsi sayur dan buah yang mengandung banyak zat-zat penting yang dapat membantu fungsi tubuh. Kandungan serat dalam sayuran dan buah-buahan dapat membantu tubuh menghilangkan racun.

Coba untuk melakukan diet makanan mentah (raw diet), hal tersebut dapat membantu usus dan hati dalam mengeluarkan racun.

Anda diharuskan untuk mengonsumsi sayuran dan buah mentah, termasuk kacang-kacangan dan biji-bijian mentah, anda dapat mengkonsumsinya dalam bentuk jus agar lebih mudah.

5. Hindari kebiasaan yang tidak baik

Agar lebih mudah untuk mengeluarkan racun dari dalah tubuh, sebaiknya kita menghindari kebiasan-kebiasan buruk seperti, merokok, minuman beralkohol, dan minum kopi. 

Sebab tanpa sadar ketiga hal tersebut dapat menambah jumlah racun yang diserap oleh tubuh.

Asap rokok merupakan racun yang dapat dengan mudah masuk dan mengendap pada paru-paru kita, demikian juga minuman beralkohol akan memerberat fungsi kerja hati sehingga tidak dapat menyaring racun dengan baik.

Sedangkan untuk anda para penikmat kopi, sebaiknya berhenti sejenak, karena kopi mengandung kafein yang dapat menjadi “racun” bagi tubuh jika dikonsumsi berlebihan.

6. Minum air lemon setiap pagi

Dalam sebuah penelitian terbitan Journal of Medicinal Food, disebutkan bahwa lemon merupakan salah satu buah terbaik untuk detoks tubuh.

Anda bisa minum air lemon setiap pagi saat lambung masih kosong. Hal ini dapat mendorong detoksifikasi sebelum tubuh menjalankan fungsinya yang lain.

Selain membersihkan tubuh dari racun, air lemon juga dapat melancarkan pencernaan. Namun, Anda mungkin baru dapat merasakan hasilnya setelah melakukan rutinitas ini dalam jangka panjang.

7. Tidur yang cukup

Tidur merupakan waktu untuk beristirahat sehingga tubuh segar kembali keesokan harinya. Untuk itu, waktu tidur yang cukup merupakan suatu keharusan untuk mendukung kesehatan Anda.

Selain itu, tidur yang cukup setiap malam ternyata juga membantu tubuh dalam mengurangi racun yang terbentuk.

Kategori :