Daftar Kerusakan Akibat Banjir Bandang Lahat Sumsel, 29 Rumah dan 3 Sekolah Hanyut,40 Hektar Padi Gagal Panen

Jumat 10-03-2023,07:14 WIB
Editor : Yurdi Yasri

LAHAT, RADARPALEMBANG.COM – Ini daftar kerusakan akibat banjir bandang menimpa 7 Kecamatan di Kabupaten Lahat pada 9 Maret 2023. Data sementara,  29 rumah warga dan 3 sekolah hanyut  serta 40 hektar padi gagal panen terbawa arus Sungai Lematang yang meluap. 

Pada hari yang sama banjir bandang juga terjadi di Kabupaten Muara Enim  dan menimpa satu desa. Puluhan hektar sawah di sana gagal panen dan 66 KK terpaksa mengungsi. 

BACA JUGA:57 Tim SAR Brimob Polda Sumsel Diterjunkan ke Lokasi Banjir Bandang Lahat Juga Kirimkan 7 Kendaraan Taktis

Kerusakan parah akibat banjir bandang dialami Kabupaten Lahat. Sejumlah desa yang tersebar di 7 Kecamatan porak poranda akibat banjir dan tanah longsor. 

Selain 29 rumah dan 3 sekolah hanyut, banyak infstruktur dan fasilitas umum mengalami rusak berat.  Ratusan rumah warga mengalami rusak dengan tingkatan rusak berat, sedang dan ringan.

Berapa jumlah pasti rumah mengalami kerusakan itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lahat dan Provinsi Sumsel sedang melakukan inventarisir.

Gubernur Sumsel Herman Deru juga telah memerintahkan Bupati Lahat melakukan inventarisir kerusakan dan kerugian serta jumlah warga yang terdampak dan harus mengungsi.

BACA JUGA:Kehadiran Prajurit TNI Kodim 0405 Lahat Berjibaku Bantu Korban Banjir Bandang, Warga Merasa Terlindungi

Sementara itu, kerugian lain yang dialami warga yang menjadi korban banjar bandang itu adalah, tanaman yang ada di ladang mereka mengalami kerusakan. 

40 hektar sawah mengalami gagal panen karena diterjang banjir bandang.  Begitu juga dengan hewan ternak, laporan dari warga juga banyak yang hanyut. 

Menurut Gubernur Sumsel H Herman Deru saat meninjau lokasi terjadinya banjir bandang di Desa Lubuk Sepang Kecamatan Pulau Pinang, pada Kamis, 9 Maret 2023,  kerusakan dan kerugian akibat banjir bandang itu cukup besar. 

BACA JUGA:Instruksi Gubernur Sumsel Herman Deru Kepada Bupati Lahat, Pastikan 3000 Jiwa Terdampak Banjir Dapat Bantuan

Dia menyampaikan di Desa  Lubuk Sepang  ada 2 bangunan sekolah SD dan 1 PAUD hanyut. Di desa itu, sebanyak 4 rumah warga hanyut. 

‘’Rumah warga yang hanyut juga ada di Kecamatan lain seperti Mulak Sebingkai. Di sana ada 25 rumah warga yang hanyut tersapu banjir,’’ujar Herman Deru. 

Data sementara dari Badan Penanggulangan (BPBD) Sumsel mencatat,  ada sekitar 181 rumah warga  terendam banjir. 

Kategori :