Jangan Lakukan 5 Kebiasaan Ini Jika Ingin Jok Mobil Awet

Jangan Lakukan 5 Kebiasaan Ini Jika Ingin Jok Mobil Awet

Jok mobil tidak hanya memiliki fungsi sebagai penghias interior mobil Anda. Jok juga berfungsi penting bagi kenyamanan berkendara.-suzuki-

Tidak hanya menaruh benda-benda tajam di atas jok, saat Anda menaruh benda berat juga dapat berpengaruh pada kerusakan jok.

BACA JUGA:Tips Bersihkan Lampu Mika Mobil yang Kusam, Ini Cara Mudah Tanpa Ribet dan Ekonomis

Misal, Anda menaruh benda berat seperti meja, koper yang over capacity dan sebagainya, hal ini bisa berpeluang merusak bagian jok kamu.

Jika Anda membawa barang-barang berat, sebaiknya taruh di tempatnya, yaitu bagian bagasi mobil. Sebaiknya jangan menaruh benda berat ke atas jok karena berisiko merobek bagian jok, terutama jika material jok dari kulit sintetis.

3. Hindari Parkir di Tempat Terkena Sinar Matahari Langsung

Walaupun jok berada di dalam kabin mobil, tidak dapat dipungkiri bahwa jok bisa rusak karena sering terkena sinar matahari langsung. Ini merupakan salah satu kebiasaan buruk yang dilakukan oleh pengemudi yang mengakibatkan rusaknya jok kendaraan.

BACA JUGA:Tips Aman Saat Test Drive Mobil di Pameran Otomotif, Simak Yuk!

Panas sinar matahari yang berlebih akan merusak permukaan jok, terutama jika jok Anda terbuat dari material kulit. Maka dari itu, disarankan Anda memarkir mobil di tempat yang teduh dan jauh dari paparan sinar matahari langsung.

4. Membiarkan Jok dalam Keadaan Kotor

Ketiga, Anda sebaiknya hindari kebiasaan mengabaikan kebersihan jok mobil. Membiarkan jok dalam keadaan yang kotor dalam jangka waktu yang terlalu lama dapat merusak permukaan jok Anda.

Tidak hanya membuat permukaan jok cepat rusak, membiarkan jok dalam keadaan kotor juga dapat mengganggu kenyamanan Anda dalam berkendara. Maka dari itu, rutin membersihkan jok dengan alat yang sesuai bisa mencegah kerusakan yang terjadi pada jok.

BACA JUGA:Berikut Tips Nyaman Berkendara Saat Cuaca Panas, Begini Caranya

5. Tidak Rutin Melakukan Perawatan Interior Mobil

Kebiasaan tidak rutin melakukan perawatan interior mobil harus segera dihindari! Hal ini bertujuan agar komponen-komponen interior mobil Anda bisa selalu indah, bersih dan awet. Beberapa cara untuk perawatan interior mobil antara lain adalah:

Cuci salon bagian interior mobil

Sumber: