Sumsel Alami Deflasi di Agustus 2024, BI Sumsel Sebut Terjadi Penurunan Harga 5 Komoditas Utama

Sumsel Alami Deflasi di Agustus 2024, BI Sumsel Sebut Terjadi Penurunan Harga 5 Komoditas Utama

Kepala Perwakilan Sumsel, Ricky P Gozali (tengah) saat melaksanakan tanam cabai dan bawang merah serentak se-Sumsel berpusat di Lahan Kelompok Tani Setia Makmur, Kecamatan Sukarami, Palembang, Selasa 16 Juli 2024 lalu sebagai langkah mengendalikan inflasi-Bank Indonesia Perwakilan Sumsel -

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.ID – Kantor Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Selatan (BI Sumsel) melihat penurunan sejumlah harga komoditas utama yang selama ini penyumbang inflasi menjadi sebab terjadinya deflasi di Agustus 2024.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Indeks Harga Konsumen (IHK) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) pada bulan Agustus 2024 mengalami deflasi sebesar 0,19 persen (mtm).

Angka deflasi di Agustus 2024 lalu lebih tinggi rendah dibandingkan deflasi pada bulan Juli 2024 yang sebesar 0,29 persen (mtm).

Secara tahunan, realisasi inflasi Sumsel tercatat menurun menjadi sebesar 1,8 persen (yoy) dari bulan sebelumnya (1,87 persen yoy).

BACA JUGA:BI Sumsel Catat Digital Kito Galo ke-5 Tahun 2024 Dorong Bertambahnya Pengguna dan Merchant QRIS, Ini Datanya

BACA JUGA:Digital Kito Galo 2024, BI Sumsel Resmikan Beli Tiket LRT Sumatera Selatan Bisa Pakai QRIS

Perkembangan tersebut juga sejalan dengan inflasi nasional yang tercatat melandai menjadi sebesar 2,12 persen (yoy) dibandingkan bulan sebelumnya (2,13 persen yoy).

“5 komoditas utama penyumbang deflasi pada bulan ini adalah bawang merah, daging ayam ras, jeruk, telur ayam ras, dan cabai rawit,”kata Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sumsel, Ricky P Gozali, Senin 2 September 2024 sore.

Kelima komoditas tersebut, sambung dia, dengan andil pada masing-masing komoditas adalah sebesar -0,13 persen, -0,09 persen, -0,05 persen, -0,03 persen, -0,02 persen secara berturut-turut, berdasarkan data BPS Sumsel.

“Penurunan harga bawang merah dan jeruk disebabkan oleh melimpahnya pasokan sejalan dengan masuknya musim panen di daerah sentra yang juga didukung dengan cuaca yang kondusif,”ungkap dia.

BACA JUGA:Selama 10 Hari, BI Sumsel Gelar Festival Jajan QRIS 2024 di PIM, Belanja Hanya Rp 5 Ribu, Lihat Ketentuannya

BACA JUGA:Kolaborasi BI Sumsel dan MarkPlus Institute Beri Penghargaan 5 Penyedia Data Terbaik, Cek Data Pemenangnya

Sementara itu, BI Sumsel juga melihat ada peranan dari penurunan harga daging dan telur ayam ras masih terus berlanjut sejalan dengan penurunan harga jagung dan Day Old Chick (DOC).

“Lebih lanjut, penurunan harga cabai rawit didukung oleh surplus neraca pangan secara nasional,”ungkap dia.

Sumber: