Jelang Pulang ke Tanah Air, Jemaah Haji Indonesia Diminta Bersiap dan Jaga Kesehatan dari Cuaca Panas Mekkah

Jelang Pulang ke Tanah Air, Jemaah Haji Indonesia Diminta Bersiap dan Jaga Kesehatan dari Cuaca Panas Mekkah

Jelang pulang ke tanah air, jemaah haji Indonesia dihimbau untuk tetap menjaga kesehatan --

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Seluruh jemaah haji Indonesia yang saat ini sedang menunggu jadwal kepulangan ke tanah air, diminta untuk menjaga kesehatan.

Terutama saat ini Kota Mekkah dalam kondisi yang sangat panas. Untuk itu, jemaah haji diminta melaksanakan ibadah dan salat fardhu di hotel saja. 

"Bagi jemaah yang akan kembali ke Tanah Air agar dapat bersiap sebaik mungkin, khususnya menjaga kondisi kesehatan," ujar Anggota Media Center Kementerian Agama, Widi Dwinanda, Selasa ppih25 Juni 2024.

Widi menambahkan, Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) hendaknya dapat memberikan imbauan kepada jemaah untuk tetap menjaga makan yang teratur.

BACA JUGA:6 Kloter Jemaah Haji Indonesia Siap Pulang ke Tanah Air, PPIH Himbau Jaga Dokumen Agar Tak Tertinggal

"Menjaga asupan nutrisi dan istirahat yang cukup," pesan Widi.

Pada fase pemulangan jemaah haji ini, kata Widi, PPIH Arab Saudi telah memberikan kesempatan kepada jemaah untuk melakukan tanazul.

Maksudnya jemaah bisa pengajuan pulang lebih cepat dari jadwal yang seharusnya atau pengunduran waktu pulang yang seharusnya mungkin lebih awal. 

"Untuk program tanazul ini, PPIH memberikan prioritas kepada jemaah lansia, terutama jemaah lansia risiko tinggi," tegasnya. 

BACA JUGA:Puncak Haji 1445 H, Seluruh Jemaah Haji Lancar Laksanakan Wukuf di Arafah

Jemaah lansia dan Risti, hendaknya dapat pulang ke Tanah Air lebih awal dari jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya. 

Widi menyebut, ada dua cara pengajuan Tanazul. Pertama, PPIH kloter atau PPIH Arab Saudi bisa menyampaikan beberapa nama jemaah haji yang akan ditanazulkan.

"Hal ini berdasarkan informasi dari tenaga kesehatan bahwa jemaah dimaksud harus dipulangkan sesegera mungkin, oleh karena kondisi kesehatan yang butuh penanganan intensif di Tanah Air," paparnya. 

Kedua, jemaah haji bisa mengajukan secara tertulis kepada bagian pemulangan di PPIH Daker Makkah maupun Madinah dengan mencantumkan alasan tanazulnya. 

Sumber: